SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Shin Tae-yong: Petasan dan Suar Ganggu Pemain Piala AFF

Minggu, 3 Juli 2022 | 11:32 WIB
Oleh : BW
Petasan dan nyala suar berwarna merah terlihat di tribun suporter Indonesia pada menit-menit akhir laga Grup A Piala AFF U-19 2022 timnas U-19 Indonesia kontra Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022). 

Bekasi, Beritasatu.com - Pelatih timnas U-19 Indonesia Shin Tae-yong menegaskan, petasan dan suar (flare) saat laga Indonesia melawan Vietnam di Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022), mengganggu fokus para pemainnya.

"Itu mengurangi fokus para pemain kami. Jadi kami mohon agar kejadian itu tidak terulang lagi," ujar Shin seusai pertandingan.

Advertisement

Laga timnas U-19 Indonesia versus Vietnam diwarnai penyalaan petasan dan flare oleh oknum diduga suporter Indonesia di tribun Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Nyala berwarna merah pada menit-menit akhir pertandingan memunculkan asap yang menyelimuti stadion.

Seperti kejadian-kejadian sebelumnya, PSSI pun terancam sanksi akibat peristiwa tersebut.

"Saya berterima kasih kepada suporter yang sudah mendukung kami. Namun saya mohon agar fans mengubah budaya negatif sedikti demi sedikit. Apalagi Indonesia terancam sanksi besar dari FIFA karena kejadian ini," tutur Shin.

Sementara gelandang timnas U-19 Indonesia Marselino Ferdinan menyebut bahwa dia dan rekan-rekannya menyerahkan urusan petasan dan suar kepada pihak pengamanan.

Pesepak bola berusia 17 tahun itu menyebut timnya fokus menjalani pertandingan.

"Kami fokus ke pertandingan karena ada pihak-pihak yang bisa mengendalikan suporter yang menyalakan flare itu," kata Marselino.

Dalam kesempatan itu, pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong menyebut kerja keras pemain dalam pertandingan skuadnya versus Vietnam pada laga Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam, membuat banyak personel kedua kesebelasan mengalami kram.

"Pemain kami bekerja keras, begitu pula Vietnam. Itulah kenapa banyak yang kram pada laga ini," ujar Shin usai pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Juru taktik asal Korea Selatan itu memaklumi kondisi tersebut karena dia menganggap laga pertama tim di turnamen memang sulit.

Indonesia bahkan harus kehilangan sang kapten Muhammad Ferarri pada babak kedua lantaran cedera.

Shin Tae-yong enggan berkomentar banyak terkait dugaan pemain timnas U-19 Vietnam yang sengaja mengulur waktu dengan terjatuh di atas rumput.

Banyaknya pemain yang tergeletak bahkan membuat wasit asal Malaysia yang memimpin pertandingan Razlan Ali memberikan tambahan waktu tujuh menit pada babak kedua.

"Saya tidak bisa berkata apa-apa terhadap sikap pemain Vietnam. Ini biasa terjadi di tim mana pun," tutur Shin Tae-yong.

Gelandang timnas U-19 Indonesia Marselino Ferdinan juga mengamini pernyataan pelatihnya soal penyebab pemain terjatuh di lapangan.

"Pertandingan berjalan dengan intensitas tinggi sehingga banyak pemain yang kram. Namun, kami bermain dengan motivasi penuh meski kami gagal menang. Semoga pada laga selanjutnya kami bisa bermain maksimal," kata pesepak bola berusia 17 tahun itu.

Tim nasional U-19 Indonesia dan Vietnam berbagi satu poin pada laga Grup A Piala AFF U-19 2022 yang berakhir imbang 0-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022).

Hasil tersebut membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022, di bawah pimpinan Myanmar dan peringkat kedua Thailand.

Vietnam bertengger di posisi keempat, Filipina kelima dan Brunei Darussalam sebagai juru kunci.

Sebelumnya, Shin Tae-yong akan menyiapkan strategi untuk menaklukkan Brunei Darussalam pada laga kedua mereka di Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin (4/7/2022).

"Kami harus memikirkan segala sesuatunya," ujar Shin Tae-yong di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam.

Juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu bertekad meraih tiga poin dari laga tersebut lantaran timnas U-19 bermain imbang 0-0 dengan Vietnam, Sabtu (2/7/2022).

Shin Tae-yong berjanji akan meramu taktik dan komposisi pemain yang tepat agar, tak hanya memenangkan pertandingan, skuad "Garuda Nusantara" juga dapat melesakkan banyak gol.

Sebagai informasi, Brunei Darussalam ditundukkan Myanmar 0-7 pada laga pembuka Grup A.

"Brunei memang kalah besar. Itu yang membuat kami mesti mempertimbangkan untuk membuat banyak gol," tutur Shin Tae-yong.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI