Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Shin Tae-yong Soroti Rapuhnya Kepercayaan Diri Timnas U-19

Rabu, 20 Juli 2022 | 21:40 WIB
Oleh : JAS
Shin Tae-yong.

Jakarta, Beritasatu.com - Pelatih Timnas U-19 Indonesia Shin Tae-yong menyoroti rapuhnya kepercayaan diri anak-anak asuhnya menjelang Piala Dunia U-20 tahun 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

Menurut Shin, dalam rapat evaluasi dan program kerjanya sebagai pelatih bersama PSSI, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Rabu (20/7/2022), para pemain Timnas U-19 masih kurang percaya diri saat menghadapi tim-tim yang secara kualitas lebih kuat.

"Saya harus mengakui percaya diri tim ini kurang pada awalnya termasuk mental khususnya menghadapi tim-tim besar," ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Shin menyebut, mental pemain Timnas U-19 harus diperbaiki karena di Piala Dunia U-20 2023, Indonesia menghadapi lawan-lawan tangguh dari Eropa, Amerika Latin dan Asia.

Meski demikian, saat ini Shin menilai para pemainnya perlahan-lahan sudah memperbaiki ketangguhan mental mereka.

Hal tersebut terlihat di Piala AFF U-19 2022 pada awal Juli. Saat itu, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan menunjukkan performa gemilang, dengan mencetak 17 gol dan hanya kebobolan dua gol dari lima laga, meski gagal lolos dari fase grup.

"Anda lihat di Piala AFF, kondisi mental itu mulai bisa teratasi dan itu harus terus dipertahankan saat menghadapi tim besar," tutur Shin.

Untuk itu asisten manajer Timnas U-19 Sumardji menyarankan agar timnas dibantu oleh psikolog atau motivator untuk menebalkan mental pemain.

"Itu tampak saat laga pertama di Piala AFF U-19 melawan Vietnam, di mana mental dan skema permainan tidak berkembang. Ini selalu menjadi problem saat Indonesia main di laga perdana. Itu harus menjadi koreksi Shin Tae-yong agar setiap laga pertama sudah langsung tune in, langsung ngegas," kata Sumardji.

Menanggapi itu, Shin mengaku bahwa dia sempat menggunakan jasa psikolog dan motivator saat berkarier di Korea Selatan tetapi hasilnya tidak bagus. Namun, andai tenaga profesional tersebut mengetahui sepakbola, diprediksi hasilnya bisa berbeda.

"Akan lebih baik, jika ketua umum, manajer, bisa memberikan motivasi pemain pada sesi yang lain dengan waktu yang lebih lama. Bisa juga mengumpulkan pemain di tempat tertentu untuk diberikan motivasi," kata Shin.

Terdekat, Timnas U-19 Indonesia akan berlaga di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September 2022.

Pada kompetisi yang digelar di Indonesia tersebut, Timnas U-19 berada satu grup dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste. Shin Tae-yong menargetkan timnya mampu lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI