Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Lawan Vietnam di Final, Timnas U-16 Indonesia Akan Menyerang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:47 WIB
Oleh : Adam Mardian / JAS
Timnas U-16 Indonesia.

Sleman, Beritasatu.com - Timnas U-16 Indonesia akan mengambil inisiatif menyerang saat bertemu Vietnam dalam final Piala AFF U-16, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022), mulai pukul 20.00 WIB.

"Vietnam merupakan tim dengan pemain yang militan dan pekerja keras, ngotot. Kami akan meredamnya dengan inisiatif (menyerang-red) dari awal," ujar Bima di Stadion Maguwoharjo, Kamis (11/8/2022).

Taktik menyerang kilat pada menit-menit awal menjadi senjata ampuh Indonesia di Piala AFF U-16 2022 untuk mendapatkan gol cepat dan memenangkan pertandingan.

Kala bersua Vietnam pada laga terakhir Grup A, Sabtu (6/8), Indonesia yang tertinggal satu gol sejak babak pertama sukses melesakkan gol dini usai jeda tepatnya menit ke-52 dan 55 sehingga skuad berjuluk Garuda Asia menang dengan skor 2-1.

Selain itu, Bima Sakti juga akan memperbanyak kombinasi dan variasi serangan timnya demi mempersulit pertahanan Vietnam.

Pria berusia 46 tahun itu pun yakin para pemainnya dapat menerapkan strategi yang direncanakan di lapangan, terlebih semua personel timnas U-16 dalam kondisi bugar untuk laga tersebut. "Tak ada yang pemain cedera, semua sehat," kata Bima.

"Mereka tim berpengalaman. Sempat satu bulan pemusatan latihan di Jerman, melawan tim Bundesliga, Borussia Dortmund U-16," kata Bima Sakti lagi.

Catatannya itulah yang membuat Bima Sakti berencana melakukan perubahan strategi pada partai pemungkas ini. Apalagi, Vietnam lolos ke final usai menang 2-0 atas Thailand.

Bima sudah melakukan perubahan strategi Timnas U-16 Indonesia pada laga semifinal. Setidaknya, ia sudah membongkar pasang posisi gelandang yang semula diisi Hanif Ramadhan akibat cedera saat melawan Vietnam. Bima memasang gelandang yang tidak menjadi starter pada beberapa pertandingan awal yakni Akbar.

Indonesia mencapai final menyingkirkan Myanmar lewat adu penalti di babak semifinal, sedangkan Vietnam sukses melewati hadangan Thailand.

Timnas U-16 Indonesia melaju ke partai pemungkas setelah menundukkan Myanmar di semifinal lewat adu penalti. Timnas U-16 Indonedia memang tertinggal terlebih dahulu dari Myanmar setelah gelandang Nay Min Htet melesakkan gol pada menit ke-44. Pada babak kedua, skuad berjuluk Garuda Asia berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Muhammad Riski Afrisal (70').

Karena kedudukan imbang 1-1 bertahan sampai waktu normal usai, maka laga dilanjutkan ke adu tendangan penalti.

Di sini, seluruh atau lima penendang Timnas U-16 yakni Muhammad Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Muhammad Riski Afrisal dan Muhammad Nabil Asyura berhasil menuntaskan tugas dengan baik.

Di kubu Myanmar, cuma empat algojo yang sukses menempatkan bola dalam gawang yaitu Kaung Khant Zaw, Brang Don Le, Khon Cho Htoo, Myat Phone Khant. Sepakan satu pemain lagi, Shine Wanna Aung ditepis kiper Indonesia Andrika Rachman. Indonesia pun menang dengan skor 5-4 (1-1).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI