Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tundukkan Vietnam 1-0, Indonesia Juara Piala AFF U-16

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:44 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS
Pemain Timnas U-16 Indonesia, Kafiatur Rizky, saat merayakan gol ke gawang Vietnam.

Sleman, Beritasatu.com - Timnas U-16 Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam 1-0 pada final yang digelar Jumat (12/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Gol penentu kemenangan Indonesia dilesakkan Kafiatur Rizky di pengujung babak pertama. Ini sekaligus kemenangan Indonesia untuk kedua kalinya di ajang Piala AFF U-16 setelah tahun 2018.

Timnas U-16 Indonesia tampil memakai seragam tandang baju putih celana hijau karena bertindak sebagai tamu dalam partai final ini. Sementara Vietnam memakai seragam kebesaran berwarna merah-merah.

Sesuai dengan janji pelatih Bima Sakti menjelang partai final, Timnas U-16 Indonesia mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal. Serbuan Timnas U-16 sempat dua kali menghasilkan peluang namun berhasil digagalkan barisan belakang dan kiper Vietnam.

Menit kedelapan, Timnas U-16 Indonesia juga mendapat peluang ketika Kaka mencoba menjebol gawang Vietnam dengan sundulan. Namun bola umpan lebih dahulu diamankan kiper Nguyen Van Viet.

Menit ke-13, Vietnam mendapat peluang emas. Sebuah sundulan dilepaskan setelah menerima umpan dari sisi kanan. Beruntung kiper Andrika Fathir mampu mematahkan peluang ini.

Menit ke-28 Kafiatur dilanggar dan menghasilkan tendangan bebas untuk Indonesia. Riski Afrizal mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti namun berhasil ditangkap dengan baik oleh Pham Dinh Hai.

Pada menit ke-34, Vietnam kembali mendapat peluang. Beruntung bagi Indonesia karena tendangan yang dilakukan Nguyen Huu Trong yang tinggal menghadapi kiper melenceng.

Indonesia mendapat peluang pada menit ke-41. Arkhan Kaka telah merada kotak penalti Vietnam dan mendapat bola. Dia berupaya menendang bola ke gawang namun gagal menjangkau bola.

Indonesia akhirnya menjebol gawang Vietnam pada pengujung babak pertama. Gol dilesakkan Kafiatur Rizky. Pemain nomor 9 ini mendapat umpan dari sisi kanan.

Berada di kotak penalti Kafiatur kemudian sedikit menggocek bola dan melepaskan tendangan kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh dan melesak ke gawang Vietnam. Tak lama kemudian wasit peniup peluit panjang tanda babak pertama usai dan Indonesia memimpin 1-0.

Memasuki babak kedua, Vietnam berupaya mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Menit ke50, Vietnam menekan dengan tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan kapten Nguyen The Hung, Namun tendangannya berhasil diamankan dengan baik oleh Andrika Fathir.

Namun dua menit kemudian, Indonesia nyaris mencetak gol. Bola umpan Ridjzar dari sisi kanan seharusnya menjadi gol oleh dua pemain Indonesia termasuk Riski. Namun keduanya tak mampu menjangkau bola dan gagal menambah keunggulan Indonesia.

Menit ke-58, Timnas U-16 Indonesia kembali mendapat peluang. Kali ini Arkhan Kaka berupaya menanduk bola umpan dari sisi kanan. Namun bola kemudian ditangkap kiper lebih dahulu.

Indonesia kemudian kembali membuat dua peluang. Namun kegesitan kiper Pham Dinh Hai membuat Timnas U-16 Indonesia kembali gagal mencetak gol. Pham Dinh Hai beberapa kali menyelematkan gawangnya dari peluang yang didapat Indonesia sehingga mencegah Vietnam kebobolan lebih banyak.

Indonesia empat membuat beberapa peluang hingga pertandingan usai, namun gagal membuahkan gol. Di menit ke-90, Vietnam membuat tekanan ke gawang Indonesia. Beruntung tendangan pemain Vietnam berhasil ditangkap Andrika.

Pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan kemudian diusir dari bangku cadangan karena kerap memprotes wasit. Sebelumnya dia memang sudah mendapat kartu kuning. Setelah tambahan waktu lima menit, wasit meniup peluit panjang. Indonesia pun menjadi juara kedua kalinya setelah yang pertama pada tahun 2018 di bawah pelatih Fachri Husaini.

Susunan Pemain Indonesia:

Indonesia: 28 Andrika Fathir; Belakang: 2 Rizdjar Subagja, 14 Zaky Razak, 21 Iqbal Gwijangge, 20 Habil Akbar; 7 Figo Dennis (12 Narendra Tegar 77), 9 Kafiatur Rizky, 19 Achmad Zidan (23 Femas Crespo ); 17 Nabil Asyura (26 Waliy Marifat 77), 8 Arkhan Kaka, 25 Riski Afrisal



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI