Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kemitraan GBG dan IST Cegah Penipuan Perbankan Digital

Sabtu, 27 November 2021 | 07:57 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA
CEO PT. Infosys Solusi Terpadu (IST), Budi Setiono.

Jakarta, Beritasatu.com – GBG – pakar global dalam identitas digital – mengumumkan kemitraan solusi deteksi dan manajemen penipuan dengan PT. Infosys Solusi Terpadu (IST), sebagai penyedia solusi teknologi transformasi digital di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, IST akan menjual, mengimplementasikan, dan memberikan dukungan teknis lokal untuk solusi manajemen kejahatan keuangan hulu-ke-hilir GBG secara eksklusif kepada bank dan lembaga keuangan (BFI) di Indonesia.

Dalam laporan terbaru McKinsey yang berjudul “Personal Financial Survey 2021”, Indonesia telah mengalami peningkatan yang dramatis dalam adopsi perbankan digital, baik mobile maupun internet bangking. Sekitar 78% nasabah Indonesia sekarang menggunakan perbankan digital secara aktif (setidaknya sebulan sekali melalui saluran online atau seluler). Angka ini mengalami kenaikan dari 57% pada 2017.

Advertisement

Sementara itu, 55% responden mengatakan menggunakan uang tunai kurang dari 30% transaksi per minggu. Sedangkan 80% berharap mempertahankan atau meningkatkan transaksi perbankan digitalnya di masa depan.

Menurut General Manager Asia GBG, Bernardi Susatyo, saat ini Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar keempat secara global dengan tingkat penetrasi smartphone sebesar 59%. Oleh karena itu guna mengelola dan mencegah penipuan secara efektif di pasar yang sangat erat dengan teknologi seluler ini, GBG telah mengembangkan ekosistem mitra lokal untuk memperkaya kecerdasan data dan meningkatkan kesiapan tim penjualan di lapangan serta dukungan teknis.

“Indonesia adalah salah satu pasar utama bagi GBG, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pencegahan kejahatan keuangan dengan memperkokoh landasan lokal. Kemitraan dengan IST ini akan membantu kami memperkuat kemampuan go-to-market, integrasi sistem, dan pengiriman, dengan rangkaian solusi penipuan dan kepatuhan yang lebih komprehensif untuk lembaga keuangan yang memprioritaskan perbankan seluler dan Internet,” ujar Bernardi dalam keterangan pers Jumat (26/11).

Ditambahkan bahwa GBG telah membantu Lembaga Keuangan (LK) tingkat atas di Indonesia dalam mendeteksi dan mencegah kejahatan keuangan yang kompleks sejak 2006 dan beberapa pelanggannya di Indonesia, termasuk lima dari tujuh bank BUKU 4. Memanfaatkan kekuatan IST dalam perbankan mobile dan internet, serta hubungan yang kuat dengan mitra data lokal termasuk Dukcapil, SLIK, penyedia telekomunikasi lokal dan sumber data lokal resmi lainnya, kemitraan ini akan semakin meningkatkan kinerja deteksi penipuan dan kepatuhan GBG dalam pasar Indonesia.

Sementara itu CEO IST, Budi Setiono menuturkan bahwa selama lebih dari 15 tahun, IST hingga saat ini masih berfokus pada penyediaan layanan transformasi digital yang menciptakan atau mengoptimalkan proses bisnis, menyederhanakan pengalaman pengguna, meningkatkan kinerja, dan keamanan digital untuk memenuhi kebutuhan bisnis serta perubahan pasar dengan tangkas.

“Pergeseran pesat layanan perbankan dan keuangan ke digital menciptakan tantangan penipuan dan kejahatan keuangan baru yang perlu dikelola oleh Bank dan Lembaga Keuangan Indonesia. Kami sangat senang bisa bermitra dengan GBG untuk secara eksklusif memberikan solusi penipuan dan kepatuhan pemenang penghargaan kepada lembaga-lembaga keuangan di sini,” katanya.

Sebagai informasi, IST adalah mitra terpercaya yang sudah bekerjasama dengan lebih dari 30 Bank dan LK Indonesia dan organisasi e-commerce termasuk BNI, BTN, BCA, CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Syariah Indonesia, Commonwealth Bank, Bank Victoria, Bank Mayapada, Bank Aceh, Bank Jateng, Bank BJB, Bank NTB Syariah, Jasindo, Blibli dan lainnya. IST beroperasi di 3 lokasi – 1 kantor pusat di Jakarta dan 2 lokasi kantor lainnya di Yogyakarta dan Semarang. IST menyediakan dukungan lokal dan keahlian dalam integrasi sistem sepanjang waktu. Saat ini, 90% dari 400 anggota tim IST sudah terlatih dalam memberikan dukungan teknis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA


DIGITAL | 25 Januari 2022

DIGITAL | 25 Januari 2022

DIGITAL | 25 Januari 2022

DIGITAL | 25 Januari 2022

DIGITAL | 25 Januari 2022

EKONOMI | 25 Januari 2022

DIGITAL | 24 Januari 2022

DIGITAL | 24 Januari 2022

DIGITAL | 23 Januari 2022

DIGITAL | 23 Januari 2022

BERITA TERPOPULER


#1
Putri Politisi Golkar Nurul Arifin Meninggal Dunia

#2
Putri Politisi Golkar Nurul Arifin Meninggal Dunia karena Serangan Jantung

#3
Sang Putri Meninggal, Nurul Arifin: Malaikatku, Engkau Pergi Begitu Cepat

#4
Mayoritas Korban Tewas Terjebak di Karaoke yang Dibakar Massa di Sorong

#5
Pertikaian 2 Kelompok Warga di Sorong, Belasan Meninggal Dunia

#6
Nurul Arifin Ungkap Kronologi Meninggalnya Maura

#7
Polisi Ungkap Peran 5 Tersangka Pengeroyokan Kakek 89 Tahun hingga Tewas

#8
Rupiah Ditutup Melemah Jadi Rp 14.350

#9
Putri Politisi Golkar Nurul Arifin Dimakamkan di San Diego Hills

#10
Putri Nurul Arifin Meninggal Dunia, Keluarga Besar Golkar Ikut Berduka

TERKINI


BOLA | 26 Januari 2022

BOLA | 26 Januari 2022

DIGITAL | 25 Januari 2022

KESEHATAN | 25 Januari 2022

POLITIK | 25 Januari 2022

DUNIA | 25 Januari 2022

NASIONAL | 25 Januari 2022

NASIONAL | 25 Januari 2022

MEGAPOLITAN | 25 Januari 2022

NASIONAL | 25 Januari 2022