Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

British Council Indonesia Gratiskan Perpustakaan Digital

Sabtu, 27 November 2021 | 23:12 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
British Council Indonesia meluncurkan Digital Library di Indonesia yang dapat diakses secara gratis.

Jakarta, Beritasatu.com- British Council dengan bangga meluncurkan secara resmi perpustakaan digital di Indonesia yang bisa diakses gratis. Perpustakaan yang menyimpan koleksi e-book, film, dan musik ini dapat diakses lewat beragam gawai setelah pengunjung terdaftar menjadi anggota.

“Dengan waktu yang terus berubah, kami ingin terus melanjutkan upaya kami untuk menghubungkan Indonesia dengan pengetahuan dan berbagai sumber terbaik dari Inggris. Digital Library terbaru ini menawarkan sesuatu untuk semua orang – dari Harry Potter sampai The Economist, dari konser – konser musik live dan sumber praktis untuk pengembangan profesional, yang dapat dinikmati dan diakses di manapun, dan kapan pun,” kata Hugh Moffatt, Country Director, British Council Indonesia pada Kamis (25/11/2021).

Advertisement

Moffatt menambahkan saat ini sangat penting untuk memfasilitasi pertukaran budaya dan kolaborasi, dan British Council berharap berbagai generasi dapat memanfaatkan Digital Library sebagai pusat budaya dan kreatifitas, dan memperoleh manfaat juga dari berbagai sumber yang dikumpulkan dan pusatkan di perpustakaan digital yang unik ini.

Sejarah perpustakaan British Council di Indonesia cukup panjang, sebelumnya terdapat gedung perpustakaan yang dimiliki British Council Indonesia sejak pertama kali hadir di Indonesia sejak 1948.

Kini dengan memanfaatkan ranah digital, Digital Library terbaru dari British Council akan menyediakan para pengguna dengan akses tidak terbatas ke ribuan sumber hiburan dan akademis, termasuk di dalamnya sumber belajar, eBooks populer dan audiobooks serta film dan dokumenter pemenang penghargaan.

“Melalui Digital Library, kami juga berharap untuk mendukung penelitian, pengajaran dan pembelajaran online dengan berbagai konten, mulai dari sumber akademis online, hingga elektronik dan audiobook. Digital Library merupakan gerbang menuju informasi digital yang gratis dan mudah diakses, menyediakan perspektif global dan materi yang sudah terkurasi dari berbagai sumber dalam satu tempat,” tambah Moffatt.

Untuk penikmat seni dan budaya, sebagai anggota Digital Library, pengunjung akan mendapatkan akses berbagai pilihan film-film popular dan independen, teater digital, serta Selector Radio British Council yang dapat diakses melalui perpustakaan digital akan membuka batasan-batasan fisik dalam mengakses musik dan terkoneksi dengan ahli musik serta artis dari Inggris.

Sebagai anggota Digital Library di Indonesia, anggota akan mendapatkan akses seperti:Koran yakni 2.400 teks Koran-koran dari 100 negara; Majalah yakni 4.000 full-colour, edisi digital, di antaranya Newsweek yang dapat dibaca dari layar komputer maupun telepon genggam.

Anggota perpustakaan dapat secara langsung memilih edisi terbaru maupun terdahulu, menambahkan pilihan tersebut ke dalam pustaka bacaan pribadi tanpa menunggu maupun tanpa jangka waktu, tidak ada batasan untuk jumlah majalah yang dapat dibaca.

Tak hanya itu, anggota perpustakaan juga bisa mengakses eBooks dan Audio Books: Baca atau mendengarkan langsung lebih dari 3,000 judul dari para penerbit dan pengarang kenamaan. Ada juga komik dan novel grafisyakni 1500+ judul komik dapat diakses oleh anggota perpustakaan untuk segala umur.

Perpustakaan digital ini juga menyimpan koleksi Musik yakni lebih dari 1,500 momen live musik, konser-konser serta dokumenter musik dapat dinikmati secara on-demand melalui berbagai alat digital.

Anggota juga bisa mengakses film Independen yakni streaming film dengan akses ke 7,000 budaya pop terfavorit, box office, film-film pemenang penghargaan, dokumenter dan film pendek. Anggota Digital Library dapat secara langsung melihat dan menonton ribuan judul dari seluruh dunia, termasuk yang terbaik dari klasik TV, horor, komedi, festival film kesayangan.

Dengan menjadi anggota, siapapun dapat mengakses koleksi Teater yakni teater dari Inggris terbaik untuk pengajar dan murid. Anggota dapat menikmati lebih dari 600 produksi teater, termasuk di dalamnya berbagai diskusi dari para praktisi teater.

Perpustakaan digital British Council juga menyediakan Buku Akademis yakni 100,000 eBooks di berbagai area akademis dengan berbagai sumber praktis untuk riset dan penelitian. Termasuk: Antropologi, Ekonomi dan Bisnis, Komputer dan IT, Pendidikan, Teknik dan Teknologi, Seni Rupa, Bahasa dan Sastra, Hukum, Sains Kehidupan, Kedokteran, Ilmu Fisika, Psikologi, Ilmu Agama serta Ilmu Sosial.

Tidak ketinggalan, setiap anggota bisa mendapat akses Pelatihan Perangkat Lunak yakni Pelatihan berbagai cara terkait perangkat lunak untuk berbagai aplikasi dan alat perangkat lunak lain, termasuk Microsoft Office, Adobe Creative, Creative Suite, google Docs dan iPad.

Keanggotaan akan bebas biaya hingga informasi selanjutnya. Pengguna harus lebih dari umur 18 tahun. Apabila sudah mendaftar, pengunjung juga dapat mengakses Digital Library melalui Google Play (Android) dan App Store (iphone) – dan anggota dapat mengakses Digital Library dari manapun, kapanpun. Kunjungi link berikut untuk mempelajari cara akses Digital Library dari ponsel pintar di: https://www.britishcouncil.id/en/digital-library



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA


DIGITAL | 21 Januari 2022

DIGITAL | 21 Januari 2022

DIGITAL | 21 Januari 2022

DIGITAL | 20 Januari 2022

DIGITAL | 20 Januari 2022

DIGITAL | 20 Januari 2022

DIGITAL | 20 Januari 2022

DIGITAL | 20 Januari 2022

DIGITAL | 20 Januari 2022

DIGITAL | 19 Januari 2022

BERITA TERPOPULER


#1
Update Covid-19: Waspada, Kasus Harian Kembali Tembus 2.000

#2
Simpang Rapak Balikpapan Rawan Kecelakaan, Pemda Didesak Bangun Fly Over

#3
Pemerintah Apresiasi Gereja Gelar Vaksinasi Booster

#4
Kecelakaan Maut di Balikpapan, Polisi Tetapkan Sopir Truk Tersangka

#5
Update Kecelakaan Maut di Balikpapan: 4 Meninggal dan 1 Kritis

#6
87 Jemaah Umrah Positif Covid-19, 10 Probable Omicron

#7
Kecelakaan Maut di Balikpapan, Polisi Amankan Sopir Truk

#8
Warga Bekasi Minta Pemkot Perbaiki Drainase di Jalan Kemakmuran

#9
5 Mobil Arteria Dahlan Miliki Pelat Nomor Sama, Begini Respons MKD DPR

#10
Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa 21 Wilayah

TERKINI


MEGAPOLITAN | 22 Januari 2022

BOLA | 22 Januari 2022

NASIONAL | 22 Januari 2022

OLAHRAGA | 22 Januari 2022

NASIONAL | 22 Januari 2022

NASIONAL | 22 Januari 2022

BOLA | 22 Januari 2022

NASIONAL | 22 Januari 2022

NASIONAL | 22 Januari 2022

KESEHATAN | 22 Januari 2022