Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Ini Syarat Utama Layanan 3G Bisa Dimatikan

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:53 WIB
Oleh : Herman / FER
Koordinator Standar Telekomunikasi Radio Kemenkominfo Indra Utama dalam acara Telset Techtival sesi diskusi “Menapaki Masa Depan Komunikasi Data” yang digelar Numedia, 11 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) saat ini tengah melakukan kajian yang mendalam terkait rencana mematikan layanan 3G di Indonesia. Di waktu bersamaan, pembangunan layanan 4G dan 5G juga terus diperluas.

Koordinator Standar Telekomunikasi Radio Kemenkominfo Indra Utama menyampaikan, layanan 3G awalnya dihadirkan untuk komunikasi data. Namun kemudian hadir 4G yang juga punya kegunaan sama dengan akses internet yang lebih cepat. Jadi sebetulnya layanan 3G sudah bisa dilayani di jaringan 4G. Namun, untuk mematikan layanan 3G, menurutnya harus dipastikan ketersediaan layanan 4G di sebuah wilayah.

"Kalau ada 3G dan 4G, ini kan nanti jadi mubazir bagi operator telekomunikasi. Tetapi juga kita harus melihat wilayah-wilayah mana yang memang sudah terlayani oleh 4G,” kata Indra Utama dalam acara Telset Techtival sesi diskusi “Menapaki Masa Depan Komunikasi Data” yang digelar Numedia, Selasa (11/1/2022).

Indra menyampaikan, saat ini masih ada lebih dari 12.000 desa/kelurahan yang belum terlayani 4G. Bila 3G dimatikan di wilayah tersebut, hal ini akan membuat masyarakatnya tidak bisa menikmati layanan komunikasi data.

Penyediaan layanan 4G di lebih dari 12.000 desa/kelurahan ini menjadi tanggung jawab operator dan juga pemerintah, di mana pemerintah mendapat porsi sekitar 9.000-an dan operator seluler sekitar 3.000-an.

"Jadi harus melihat juga kebutuhan masyarakatnya. Kalau memang di sana 4G-nya belum ada dan mereka masih membutuhkan 3G, maka 3G-nya masih akan tetap dipertahankan sampai nanti 4G ada di daerah tersebut,” kata Indra.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI