Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Retno: Sentralitas ASEAN Harus Diperkuat sebagai Jangkar Stabilitas Kawasan

Kamis, 6 Januari 2022 | 16:46 WIB
Oleh : JNS
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2022, Kamis, 6 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Tahun 2021 diwarnai dengan rivalitas antar-negara besar yang semakin tajam. Rivalitas ini juga dirasakan di kawasan Indo-Pasifik.

Oleh karena itu, ASEAN harus memperkuat sentralitas dan soliditasnya agar dapat terus berperan sebagai jangkar stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik.

“Untuk tahun 2022, Indonesia akan terus berusaha memperkuat sentralitas dan soliditas ASEAN. ASEAN tetap harus berfungsi sebagai jangkar stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan jawasan Indo-Pasifik,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2022, Kamis (6/1/2022).

Indonesia juga akan mendorong agar High Level Task Force….juga bekerja untuk memperkuat kelembagaan ASEAN sebagai bagian tak terpisahkan dalam pembahasan ASEAN Community’s Post-2025 Vision.

Retno menambahkan, ASEAN harus tetap relevan dan dapat merespon dengan tepat berbagai tantangan baru di Kawasan dan dunia. Manfaat ASEAN harus terus dirasakan oleh rakyatnya.

“Untuk itu, Indonesia akan terus mendorong kerja sama konkrit ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dengan negara mitra,” kata Retno.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI