Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Akibat Letusan Gunung di Tonga, Pantai Jepang Dihantam Tsunami

Minggu, 16 Januari 2022 | 09:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Peringatan tsunami, ditandai dengan warna merah, dikeluarkan untuk daerah di sekitar pulau Amami selatan Jepang dan rantai pulau Tokara di Prefektur Kagoshima. Peringatan tsunami (berwarna kuning) dikeluarkan untuk wilayah pesisir.

Tokyo, Beritasatu.com - Tsunami di Tonga yang disebabkan oleh letusan gunung berapi, juga berimbas ke pantai Jepang. Menurut Badan Meteorologi Jepang, Minggu (16/1/2022), peringatan tsunami dikeluarkan untuk daerah di sekitar pulau Amami selatan Jepang dan rantai pulau Tokara di Prefektur Kagoshima.

Seperti dilaporkan CNA, gelombang setinggi 1,2 meter tercatat pada pukul 23.55 waktu setempat pada Sabtu (15/1) di selatan pulau Amami dan Tokara, di mana peringatan tsunami dikeluarkan untuk gelombang yang berpotensi mencapai 3 meter.

Gelombang setinggi 1 meter ke bawah dilaporkan terjadi di beberapa daerah di sepanjang pantai, dari Hokkaido hingga Okinawa.

NHK melaporkan peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah pesisir lainnya. Orang-orang di daerah itu harus menjauh dari pantai dan muara sungai.

Penyiar Jepang TBS News mengatakan tidak ada kerusakan yang dilaporkan oleh Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo.

Badan Meteorologi Jepang telah menyatakan sebelumnya pada hari Sabtu bahwa ada kemungkinan perubahan kecil permukaan laut tetapi mengesampingkan tsunami yang merusak dan pada awalnya tidak mengeluarkan peringatan atau nasihat, menurut The Japan Times.

Survei Geologi AS mencatat letusan hari Sabtu setara dengan gempa berkekuatan 5,8 pada kedalaman nol.

“Letusan gunung berapi bawah laut yang sangat besar itu begitu kuat sehingga tercatat di seluruh dunia,” kata para ilmuwan pada hari Minggu.

Di Selandia Baru, lebih dari 2.300 km dari Tonga, 120 orang dievakuasi dari daerah pesisir utara dan beberapa kapal hancur ketika gelombang besar menghantam marina.

Pantai Bondi yang populer di Australia di Sydney dievakuasi sebentar sebagai tindakan pencegahan sementara di California, jalan-jalan pesisir di Santa Cruz terendam air dan ditutup untuk lalu lintas.

Layanan Cuaca Nasional Alaska melaporkan bahwa Alaska Volcano Observatory telah mencatat letusan di Anchorage dan Fairbanks sekitar 6.000 mil dari gunung berapi.

Stasiun cuaca Fife di Skotlandia mentweet bahwa "sangat luar biasa untuk memikirkan kekuatan yang dapat mengirim gelombang kejut ke seluruh dunia" setelah letusan menghasilkan lompatan dalam grafik tekanan udaranya.

Fiji mengeluarkan peringatan tsunami, mendesak penduduk untuk menghindari garis pantai "karena arus kuat dan gelombang berbahaya".

Gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai terletak di sebuah pulau tak berpenghuni sekitar 65 km, sebelah utara ibu kota Tonga, Nuku'alofa.

Menurut pejabat di Kota Suva, letusan terbarunya begitu kuat sehingga terdengar sebagai "suara guntur keras" di Fiji lebih dari 800 km jauhnya. Di Suva, gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan gelombang besar menghantam pantai.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI