Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Hindari Ancaman Tsunami, Raja Tonga Dievakuasi

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Lokasi Tonga yang terletak di kawasan Oseania

Toga, Beritasatu.com- Konvoi polisi dan pasukan militer Tonga mengevakuasi Raja Tupou VI dari istananya di dekat pantai menyusul gelombang tsunami. Seperti dilaporkan AP, Sabtu (15/1/2022), sang raja termasuk di antara banyak penduduk yang menuju ke tempat yang lebih tinggi.

Tidak ada laporan langsung tentang cedera atau tingkat kerusakan karena semua konektivitas internet dengan Tonga terputus sekitar pukul 18.40 waktu setempat.

Di Tonga, rumah bagi sekitar 105.000 orang, video yang diposting ke media sosial menunjukkan gelombang besar menyapu pantai di daerah pesisir, berputar-putar di sekitar rumah, gereja, dan bangunan lainnya. Gambar satelit menunjukkan letusan besar, dengan gumpalan abu, uap, dan gas naik seperti jamur di atas perairan Pasifik yang biru.

Peramal swasta Selandia Baru, Weather Watch, mencuit bahwa orang-orang sejauh Southland, wilayah paling selatan negara itu, melaporkan mendengar ledakan sonik dari letusan. Pemantau lain melaporkan bahwa banyak kapal rusak akibat tsunami yang melanda marina di Whangarei, di wilayah Northland.

Sebelumnya, situs berita Matangi Tonga melaporkan para ilmuwan mengamati ledakan besar, guntur dan kilat di dekat gunung berapi setelah mulai meletus pada Jumat (14/1) pagi. Gambar satelit menunjukkan gumpalan selebar 5 km naik ke udara hingga sekitar 20 km.

Gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai berjarak sekitar 64 km di utara ibu kota, Nuku'alofa. Pada akhir 2014 dan awal 2015, serangkaian letusan di daerah tersebut menciptakan pulau kecil baru dan mengganggu perjalanan udara internasional ke kepulauan Pasifik selama beberapa hari.

Badan Meteorologi Tonga menyatakan peringatan tsunami diumumkan untuk seluruh kepulauan. Data dari pusat tsunami Pasifik menyatakan gelombang 80 cm terdeteksi.

Pihak berwenang di negara pulau terdekat Fiji dan Samoa juga mengeluarkan peringatan, memberitahu orang-orang untuk menghindari garis pantai karena arus kuat dan gelombang berbahaya. Di Selandia Baru, para pejabat memperingatkan kemungkinan gelombang badai dari letusan gunung.

Seorang pengguna Twitter yang diidentifikasi sebagai Dr Faka'iloatonga Taumoefolau memposting video yang menunjukkan ombak menerjang pantai.

"Benar-benar dapat mendengar letusan gunung berapi, terdengar sangat keras," tulisnya, menambahkan di posting selanjutnya: "Hujan abu dan kerikil kecil, kegelapan menyelimuti langit."

Ledakan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai adalah yang terbaru dari serangkaian letusan dramatis.

Perusahaan pencitraan bumi Planet Labs PBC telah mengamati pulau itu dalam beberapa hari terakhir setelah lubang vulkanik baru di sana mulai meletus pada akhir Desember.

Gambar satelit yang diambil oleh perusahaan menunjukkan betapa drastisnya gunung berapi telah membentuk daerah tersebut, menciptakan pulau yang berkembang di lepas pantai Tonga.

“Luas permukaan pulau tampaknya telah meluas hampir 45% karena hujan abu,” kata Planet Labs beberapa hari sebelum aktivitas terbaru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI