Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

CDC Desak Warga AS Gunakan Masker Paling Protektif

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:29 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Para penumpang menunggu untuk check-in untuk penerbangan mereka di Bandara Internasional Ronald Reagan di Washington, DC, AS pada Senin 27 Desember 2021. Varian omicron dari virus corona telah melipatgandakan masalah bagi ekonomi AS

Washington, Beritasatu.com- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) pada Jumat (14/1/2022) mendesak warga AS untuk mengenakan masker paling protektif. Seperti dilaporkan Reuters, CDC merevisi pedomannya bagi orang Amerika tentang mengenakan masker untuk melindungi dari Covid-19.

CDC mengklarifikasi di situs webnya bahwa orang dapat memilih respirator seperti N95 dan KN95, termasuk menghilangkan kekhawatiran terkait kekurangan pasokan N95. Lembaga kesehatan ini kerap dikritik karena memberikan panduan yang berubah-ubah dan membingungkan di tengah pandemi Covid-19.

“Orang Amerika harus mengenakan masker paling protektif yang Anda bisa sesuaikan dan akan Anda kenakan secara konsisten. Masker N95 dapat dipertimbangkan untuk digunakan di tempat-tempat seperti transit ketika perlindungan yang lebih maksimal diperlukan atau diinginkan,” kata CDC.

Amerika Serikat memimpin dunia dalam kematian Covid-19 yakni sekitar 850.000 orang, bahkan ketika negara itu memerangi lonjakan kasus yang melibatkan varian virus corona Omicron yang menyebar cepat. Masalah rumit AS adalah penolakan beberapa orang Amerika untuk divaksinasi.

Pada Kamis (13/1), Presiden Joe Biden mengatakan bahwa pemerintah federal berencana untuk membuat "masker berkualitas tinggi" tersedia untuk orang Amerika secara gratis. Dalam langkah lain, pada Jumat (14/1), Gedung Putih menyatakan pemerintah akan mulai mengirimkan 500 juta tes Covid-19 ke Amerika akhir bulan ini tanpa biaya.

CDC menyatakan ingin mendorong orang Amerika untuk memakai masker daripada mendorong mereka untuk memakai pelindung wajah tingkat tinggi. Namun juga secara eksplisit, CDC menyatakan bahwa respirator memberikan tingkat perlindungan terbaik. Dikatakan bahwa "produk kain tenunan longgar memberikan perlindungan paling sedikit."

“Masker adalah alat kesehatan masyarakat yang penting untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan penting untuk diingat bahwa masker apa pun lebih baik daripada tidak menggunakan masker,” tambah CDC.

CDC menyatakan rekomendasi yang direvisi "mencerminkan sains tentang penyembunyian, termasuk apa yang telah kami pelajari dalam dua tahun terakhir", sejak awal pandemi.

Lebih banyak orang Amerika baru-baru ini memilih perlindungan tingkat tinggi di tengah lonjakan kasus.

Amerika Serikat menghitung sekitar 1.800 kasus kematian Covid-19 dan 780.000 infeksi baru setiap hari, kasus terbanyak di dunia, serta rekor tingkat pasien yang dirawat di rumah sakit.

Menurut analisis Reuters, lonjakan terkait Omicron tampaknya melambat di daerah yang terkena pertama kali, termasuk negara bagian di Timur Laut dan Selatan. Di negara bagian Barat, jumlah kasus baru naik 89% dalam seminggu terakhir dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Mei lalu, CDC mengumumkan bahwa orang yang divaksinasi penuh dapat melepaskan penutup wajah mereka, karena kasus Covid-19 saat itu menurun. Tetapi pada Juli, CDC menyatakan orang yang divaksinasi penuh harus memakai masker di tempat umum dalam ruangan di daerah, tempat Covid-19 menyebar dengan cepat. CDC menyatakan minggu ini 99,5% wilayah AS saat ini dicakup oleh rekomendasi masker.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI