Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Covax Mencapai Tonggak Sejarah Satu Miliar Dosis Vaksin Covid-19

Minggu, 16 Januari 2022 | 12:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Kedatangan Vaksin ke-156 dari Covax, Minggu, 12 Desember 2021

Brussels, Beritasatu.com- Program berbagi vaksin global Covax telah mengirimkan satu miliar dosis vaksin Covid-19. Seperti dilaporkan Reuters, hal itu disampaikan salah satu organisasi yang mengelolanya pada Sabtu (15/1/2022).

Pasokan ke negara-negara miskin telah lama sangat terbatas karena kurangnya vaksin, karena negara-negara kaya mendapatkan sebagian besar dosis yang awalnya tersedia mulai Desember 2020.

“Tetapi pada kuartal terakhir pengiriman telah meningkat secara eksponensial, memungkinkan Covax mencapai tonggak sejarah pengiriman satu miliar dosis ke-144 negara,” kata Gavi, yang memimpin program bersama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Covax diluncurkan pada tahun 2020 dengan tujuan memberikan 2 miliar dosis pada akhir tahun 2021, tetapi diperlambat oleh penimbunan awal vaksin terbatas oleh negara-negara kaya, pembatasan ekspor, dan seringnya perubahan dalam organisasinya.

Program ini mulai memberikan dosis vaksin pada Februari 2021. Sekitar sepertiga telah disumbangkan oleh negara-negara kaya, meskipun rencana awal Covax hanya memasok suntikan yang diperoleh langsung oleh program dengan anggaran lebih dari US$10 miliar (Rp 143 triliun) dana donor.

Perubahan strategi telah menyebabkan penundaan, karena donor sering meminta untuk mengirim dosis ke negara-negara yang dipilih oleh mereka. Meskipun lonjakan pengiriman baru-baru ini, ketidakadilan vaksin tetap tinggi.

Data WHO terbaru menunjukkan 67% populasi di negara kaya telah divaksinasi lengkap, dibandingkan dengan hanya 5% di negara miskin.

Lebih dari 40% populasi dunia belum menerima dosis pertama. Gavi, aliansi vaksin yang mengelola Covax, sedang mencari lebih banyak dana untuk mencapai tujuan WHO untuk memvaksinasi 70% populasi di negara-negara miskin pada Juli.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI