Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Dampaknya Dirasakan Jauh, Letusan Hunga Tonga Terbesar dalam 30 Tahun

Senin, 17 Januari 2022 | 11:59 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Erupsi Gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai pada Sabtu 15 Januari 2022.

Nukualofa, Beritasatu.com - Gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha'apai telah meletus secara teratur selama beberapa dekade terakhir. Namun, dampak letusan hari Sabtu (15/1/2022) terasa jauh hingga ke Fiji, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Jepang. Disebutkan, letusan gunung di Tonga tersebut merupakan yang terbesar dalam 30 tahun terakhir di kawasan Pasifik.

Dua orang tenggelam di pantai di Peru Utara karena gelombang tinggi yang dipicu letusan gunung bawah air tersebut.

Sekitar 26 jam sejak letusan, negara-negara yang ribuan kilometer ke barat terdampak awan abu vulkanik, peramal cuaca Selandia Baru WeatherWatch mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Negara kepulauan di Pasifik seperti Fiji, Vanuatu dan Kaledonia Baru terpengaruh dan awan abu diperkirakan menyebar ke arah timur Australia pada Senin (17/1/2022), katanya.

Data awal menunjukkan, letusan gunung berapi akhir pekan kemarin adalah ledakan terbesar sejak Gunung Pinatubo di Filipina meletus 30 tahun lalu, kata ahli vulkanologi yang berbasis di Selandia Baru Shane Cronin kepada Radio Selandia Baru.

"Ini adalah letusan yang paling baik disaksikan dari luar angkasa," kata Cronin.

"Penyebaran letusan yang besar dan eksplosif menunjukkan, itu mungkin yang terbesar sejak letusan Pinatubo sekitar tahun 1991," kata Cronin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNA/Reuters


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI