Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Repons Kebijakan Beijing, AS Tangguhkan 44 Penerbangan ke Tiongkok

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:40 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Pesawat berbadan lebar yang melayani penerbangan internasional milik maskapai Air China di Bandara Internasional Beijing (BCIA).

Washington, Beritasatu.com - Pemerintah AS mengatakan pada hari Jumat (21/1/2022), mereka akan menangguhkan 44 penerbangan tujuan Tiongkok dari Amerika Serikat oleh empat maskapai penerbangan Tiongkok. Langkah ini merupakan tindakan atas keputusan pemerintah Tiongkok yang telah menangguhkan beberapa penerbangan maskapai AS karena kekhawatiran Covid-19.

Penangguhan akan dimulai pada 30 Januari dengan penerbangan Los Angeles ke Xiamen yang dijadwalkan Xiamen Airlines dan berlangsung hingga 29 Maret, kata Departemen Transportasi.

Keputusan tersebut akan menghentikan beberapa penerbangan oleh Xiamen, Air China, China Southern Airlines dan China Eastern Airlines.

Sejak 31 Desember, otoritas Tiongkok telah menangguhkan 20 penerbangan United Airlines, 10 American Airlines, dan 14 Delta Air Lines, setelah beberapa penumpang dinyatakan positif Covid-19. Baru-baru ini Selasa, Departemen Perhubungan mengatakan pemerintah Tiongkok telah mengumumkan pembatalan penerbangan baru AS.

Liu Pengyu, juru bicara Kedutaan Besar Tiongkok di Washington, mengatakan pada hari Jumat, kebijakan untuk penerbangan penumpang internasional yang memasuki Tiongkok telah "diterapkan sama untuk maskapai Tiongkok dan asing dengan cara yang adil, terbuka dan transparan."

Dia menyebut langkah AS "sangat tidak masuk akal".

"Kami mendesak pihak AS untuk berhenti mengganggu dan membatasi penerbangan penumpang normal" oleh maskapai Tiongkok."

Airlines for America, sebuah kelompok perdagangan yang mewakili tiga maskapai AS yang terkena dampak langkah Tiongkok mengatakan, pihaknya mendukung tindakan Washington "untuk memastikan perlakuan yang adil terhadap maskapai penerbangan AS di pasar Tiongkok."

Departemen Perhubungan AS mengatakan, Prancis dan Jerman telah mengambil tindakan serupa terhadap kebijakan Covid-19 Tiongkok. Dikatakan, penangguhan Tiongkok terhadap 44 penerbangan merugikan kepentingan publik dan memerlukan tindakan perbaikan yang proporsional. Tindakan sepihak Tiongkok terhadap maskapai AS yang disebutkan tidak konsisten dengan perjanjian bilateral.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNA/Reuters


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI