Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Liga Arab Desak Houthi Diklasifikasikan sebagai Kelompok Teroris

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Para pemberontak Syiah Houthi di Yaman membawa senjata berat.

Kairo, Beritasatu.com- Liga Arab telah mendesak masyarakat internasional untuk mengklasifikasikan milisi Houthi di Yaman yang didukung Iran sebagai organisasi teroris. Seperti dilaporkan Arab News, Senin (24/1/2022), seruan itu disampaikan setelah serangan rudal dan pesawat tak berawak pekan lalu di Uni Emirat Arab (UEA).

Seruan itu menyusul pertemuan darurat Liga Arab pada Minggu (23/1) untuk membahas serangan teroris brutal dan kejam terhadap warga sipil dan sasaran sipil.

Dikatakan serangan Houthi merupakan pelanggaran hukum internasional dan hukum humaniter internasional, dan ancaman nyata terhadap fasilitas sipil vital, pasokan energi, dan stabilitas ekonomi global.

“Mereka juga merupakan ancaman bagi perdamaian dan keamanan regional, merusak keamanan nasional Arab, membahayakan perdamaian dan keamanan internasional, dan menimbulkan ancaman bagi jalur pelayaran komersial internasional,” tambah Liga.

Pertemuan itu menyambut solidaritas negara-negara, serta organisasi regional dan internasional, dengan UEA.

Liga Arab juga menyambut “posisi terpadu” Dewan Keamanan PBB dalam mengutuk serangan Houthi.

Pertemuan tersebut menegaskan dukungan liga untuk hak UEA untuk membela diri dan untuk menanggapi agresi di bawah hukum internasional.

Liga Arab menekankan perlunya masyarakat internasional untuk bersatu dalam menghadapi aksi teroris yang mengancam perdamaian dan stabilitas regional dan internasional ini, dan untuk mengambil tindakan segera dan tegas untuk mencegah milisi Houthi, untuk menghentikan tindakan kriminal mereka yang berulang di Yaman dan wilayahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI