Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

AS Tekan Tiongkok untuk Beri Kelonggaran Aturan Covid-19 bagi Diplomat

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:43 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Wisatawan di Bandara Internasional Daxing di Beijing, Tiongkok, Mei 2021.

Washington, Beritasatu.com - Amerika Serikat (AS) mengatakan pada Kamis (27/1/2022), pihaknya meminta Tiongkok untuk melonggarkan aturan karantina Covid-19 bagi para diplomat. Penekanan itu dilakukan, setelah Beijing menuduh Washington berusaha menyabotase Olimpiade Musim Dingin.

Tiongkok, yang mengejar kebijakan nol Covid-19, telah memberlakukan karantina wajib setidaknya 14 hari untuk penumpang yang masuk dan telah berulang kali melakukan lockdown.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan, Amerika Serikat telah mengadakan diskusi dengan Tiongkok mengenai aturan karantina dan pengujian yang "berlawanan dengan hak istimewa dan kekebalan diplomatik".

"Kami telah merekomendasikan apa yang kami pikir sebagai serangkaian opsi yang masuk akal bahwa kami akan konsisten dengan langkah-langkah mitigasi Covid-19 dan pada saat yang sama menyelaraskan dengan norma-norma diplomatik internasional," kata Price kepada wartawan.

Sementara itu, dalam panggilan telepon pada Rabu (26/1/2022) waktu Washington, antara Menteri Luar Negeri Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken,Tiongok juga mengatakan kepada Amerika Serikat untuk berhenti "mencampuri" Olimpiade

Amerika Serikat telah mengumumkan bahwa para diplomatnya akan memboikot pembukaan Olimpiade pada 4 Februari karena masalah hak asasi manusia, sebuah langkah yang diikuti oleh beberapa sekutu AS.

Amerika Serikat menuduh Tiongkok melakukan genosida terhadap suku Uyghur, dengan lebih dari 1 juta orang yang sebagian besar Muslim ditahan di kamp-kamp.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: AFP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI