Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

2022, Zurich Optimistis Industri Asuransi Umum Tumbuh

Rabu, 15 Desember 2021 | 19:20 WIB
Oleh : Lona Olavia, Gita Rossiana / WBP
Ilustrasi Asuransi.

Jakarta, Beritasatu.com -PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk memproyeksi industri asuransi umum Indonesia akan bertumbuh pada tahun 2022. Hal ini didasarkan kondisi ekonomi yang mulai pulih serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi sejak pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk Hassan Karim mengungkapkan, 2 tahun belakangan ini penuh tantangan bagi masyarakat dan pebisnis. "Namun Zurich Indonesia optimistis industri asuransi umum akan terus bertumbuh pada tahun depan," kata dia dalam diskusi bertajuk “Outlook Asuransi Umum: Peluang dan Tantangan Pasca Pandemi Covid-19 dalam keterangannya resmi, Rabu (15/12/2021).

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat pendapatan premi asuransi umum sampai kuartal III 2021 sebesar Rp 55,1 triliun atau bertumbuh 2,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 53,8 triliun. Hal ini semakin menunjukkan kemampuan industri untuk mempertahankan kinerja positif di tengah pandemi.

Sepanjang 2021, Zurich mengalami tren positif melebihi rata-rata industri. Di kuartal III 2021, Zurich mencatat pertumbuhan pendapatan premi bruto sebesar 5% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020. Pertumbuhan positif ini mencerminkan dua hal. Pertama, performa Zurich dan industri asuransi umum yang selama 2 tahun terakhir. Kedua, terlihat dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi berbagai elemen dalam kehidupan, mulai kesehatan hingga aset properti yang terjadi pandemi. "Kondisi ini juga memberikan peluang strategis untuk industri asuransi umum di tahun 2022," jelas Hassan.

Salah satu potensi bagi Zurich dengan pulihnya kegiatan ekonomi ada di bidang transportasi, terutama untuk perjalanan domestik. Direktur Zurich Asuransi Indonesia Wayan Pariama mengatakan pemulihan mobilisasi masyarakat turut meningkatkan kebutuhan akan perlindungan yang komprehensif, termasuk risiko yang disebabkan pandemi. "Namun situasi pandemi ini juga telah mengubah perilaku pelanggan dan perusahaan asuransi harus terus berinovasi menghadirkan perlindungan terbaik untuk masyarakat," jelas dia.

Guna mengoptimalkan potensi tersebut, Zurich telah menyiapkan peta jalan strategi yang komprehensif dengan pendekatan customer-focused. Hassan mengatakan Zurich akan mengawali 2022 dengan dua strategi. Pertama, Zurich siap menghadirkan produk-produk baru disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat melalui riset. Kedua, Zurich akan memperkuat keunggulan digital dan analisis data guna memberikan proposisi yang lebih baik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI