Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Askrindo Syariah Gelar Literasi Penjaminan Syariah di Aceh

Kamis, 16 Desember 2021 | 09:36 WIB
Oleh : Yudo Dahono / EHD
Askrindo Syariah menggelar kegiatan Literasi Penjaminan Syariah dengan mengusung tema "Inklusi Penjaminan Syariah pada Sektor UMKM di Era Digital" di Aceh, Rabu 15 Desember 2021.

Aceh, Beritasatu.com - PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (Askrindo Syariah) terus mendukung pemerintah dalam meningkatkan Inklusi Keuangan Syariah khususnya dalam bidang penjaminan.

Kali ini, Askrindo Syariah menggelar kegiatan literasi penjaminan syariah dengan mengusung tema "Inklusi Penjaminan Syariah pada Sektor UMKM di Era Digital" di Aceh, Rabu (15/12/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan) dengan menghadirkan pembicara dari OJK, Bank Aceh, Bank Syariah Indonesia, serta Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB) – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM).

Komisaris Utama Askrindo Syariah, Siti Ma'rifah mengatakan, penguatan ekonomi dan keuangan syariah merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif serta pembiayaan ekonomi yang harmonis dengan lingkungan ekonomi syariah dan digitalisasi.

"Pada kongres ekonomi umat beberapa waktu lalu Presiden menyampaikan bahwa akan mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dan menghadirkan lembaga penjaminan syariah untuk usaha ultra mikro dan makro yang mudah, murah dan aman. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat terciptanya model bisnis unggulan daerah yang dijalankan dengan profesional. Selain itu Presiden juga meminta porsi penjaminan pembiayaan untuk UMKM ditingkatkan dari 20% menjadi 30%." jelasnya.

Lebih lanjut beliau menambahkan, kehadiran Bank Syariah Indonesia dan dukungan dari Bank Daerah secara khusus diharapkan berperan juga untuk mendorong UMKM dalam rangka penguatan ekonomi syariah secara nasional.

Sementara itu, Direktur Utama Askrindo Syariah, Soegiharto mengatakan, sektor UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Namun, di tengah kondisi saat ini banyak UMKM yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, hal tersebut mendorong seluruh bisnis untuk melakukan transformasi digital sehingga dapat selalu mengikuti perkembangan zaman.

"Penyelenggaraan acara ini bertujuan dalam rangka meningkatkan literasi UMKM tentang penjaminan syariah dimana hal ini merupakan salah satu bentuk nyata yang dilakukan oleh Askrindo Syariah dalam mendukung program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar UMKM dapat bangkit kembali di tengah pandemi dalam era digitalisasi," ujarnya.

Soegiharto melanjutkan, Askrindo Syariah selalu berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada seluruh mitra bisnis dalam melakukan penjaminan pembiayaan serta berusaha selalu berperan aktif dalam ekosistem syariah secara Nasional.

Selain itu, guna memudahkan para mitra bisnis Askrindo Syariah, Soegiharto mengatakan, Askrindo Syariah terus melakukan peningkatan sistem digitalisasi agar dapat memberikan kecepatan dan kemudahan layanan kepada mitra bisnis di seluruh Indonesia, selain itu Askrindo Syariah juga akan terus melakukan pengembangan inovasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan mitra bisnis.

Saat ini Askrindo Syariah telah menggunakan digital signature yang bekerjasama dengan Peruri, serta telah menerbitkan sertifikat penjaminan dengan menggunakan e-polis, sehingga mitra bisnis dapat dilayani dengan lebih secure dan cepat.

Selain itu, Askrindo Syariah juga memiliki layanan lainnya seperti online system application (OSA) dan host to host untuk memberikan kenyamanan bagi mitra bisnis.

Hingga saat ini, Askrindo Syariah telah memiliki 16 kantor cabang serta 17 kantor perwakilan pemasaran yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI