Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Catatan Akhir Tahun Menkeu: Cahaya Harapan Kembali Terang

Sabtu, 1 Januari 2022 | 14:05 WIB
Oleh : Herman / EHD
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melihat cahaya harapan di penghujung 2021 kembali terang. Penyebaran Covid-19 mulai terkendali, meski muncul varian omicron. Banyak masyarakat yang telah mendapat vaksin Covid-19.

Ekonomi pun mulai bergerak dan kegiatan masyarakat mulai pulih. Ia melihat ada semangat yang terus tumbuh dan harapan yang tidak pernah pupus.

“Perjalanan mengawal pemulihan ekonomi dan menyehatkan APBN masih akan panjang dan berliku. Ke depan, medan laga kita masih terjal, berbatu dan licin penuh badai. Namun kita berikhtiar untuk tetap bersama dan bersatu mengabdi untuk Indonesia,” kata Sri Mulyani dalam catatan akhir tahun 2021 di Instagram pribadinya @smindrawati yang dikutip Beritasatu.com, Sabtu (1/1/2021).

Sri Mulyani juga mengenang awal langkahnya di awal 2021. Ketika itu ada rasa optimisme dan harapan karena telah meninggalkan tahun 2020 yang sungguh kelam akibat pandemi Covid-19.

Seluruh rakyat Indonesia berharap kehidupan dan ekonomi akan pulih. Namun, kenyataan sungguh tidak pasti karena Covid-19 masih merajalela, bermutasi dan terus mengancam keselamatan rakyat dan ekonomi.

Kehidupan kembali terhenti, APBN kembali terguncang, pendapatan negara tergerus. Belanja melambung untuk membangun rumah sakit darurat, membayar perawatan ribuan pasien Covid, memberi insentif tenaga kesehatan.

“APBN hadir meringankan beban rakyat. Bantuan sosial diperluas; usaha kecil, buruh dan pedagang kaki lima mendapatkan bantuan; internet, listrik dibebaskan atau diberi potongan agar anak-anak tetap bisa sekolah meski dalam jarak jauh,” ungkap Menkeu.

Di masa pandemi, 16.000 jajaran Kemenkeu juga tertular Covid-19 dan 130 karyawan meninggal akibat Covid-19. Namun seluruh jajaran di Kemenkeu tetap fokus bekerja, berikhtiar sambal berdoa untuk menjaga dan memulihkan Indonesia.

Reformasi dan transformasi organisasi terus dijalankan. Bersama DPR, pemerintah menyelesaikan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan, UU Hubungan Keuangan Pusat Daerah, UU Otonomi Khusus Papua, UU APBN 2022, dan UU Pertanggungjawaban APBN 2020.

“Tidak ada ikhtiar yang sia-sia, tidak ada doa yang tak terjawab. Penerimaan negara pajak, bea cukai dan penerimaan bukan pajak telah melampaui target. Alhamdulillah atas jerih payah, ikhtiar dan upaya kalian semua, kita semua, belanja negara terus kita perbaiki dan fokuskan untuk membantu rakyat untuk mendorong pemulihan ekonomi. Kita kelola utang, pembiayaan dan investasi dengan hati-hati dan bertanggung jawab,” kata Menkeu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI