Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Space X Minta Dibuatkan Landasan Pesawat Berkecepatan Tinggi di IKN

Kamis, 13 Januari 2022 | 21:03 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP
Peluncuran roket Falcon 9 buatan SpaceX di Florida, 6 Januari 2020.

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan perusahaan penerbangan luar angkasa asal Amerika Serikat (AS), SpaceX meminta agar ibu Kota Negara (IKN) di Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur menyediakan tempat peluncuran pesawat terbang berkecepatan tinggi.

“Ketua Pansus (IKN) sudah datang ke Space X di Los Angeles, AS. Di sana mereka meminta Indonesia bangun tempat peluncuran pesawat terbang (berkecepatan tinggi) dengan salah satu titiknya di IKN,” tuturnya dalam Rapat Kerja DPR dengan Pemerintah, Kamis (13/1/2021).

Tak hanya IKN, perusahaan yang didirikan Elon Musk juga meminta Pulau Biak di Provinsi Papua menjadi tempat landasan pesawat terbang dengan kecepatan tinggi.

Dengan rencana pembangunan landasan pesawat tersebut di IKN, nantinya bandara tersebut akan menghubungkan IKN langsung ke berbagai negara dengan waktu tempuh singkat. Bahkan estimasinya penerbangan dari Indonesia ke Amerika Serikat dimungkinkan hanya dalam waktu 1,5 jam hingga 2 jam.

“Tapi mudah-mudahan enggak mampir ke kutub utara. Karena itu dianggap sangat mungkin dan dari situ akan muncul bandara membawa ke Singapura, daerah Asia lainnya, Australia. Tapi mereka melihat kekayaan khatulistiwa untuk peluncuran peluncuran itu dan itu tidak bisa secara detail dan rinci mengenai itu,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI