Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kasus Naik, Ini Strategi Pemerintah Hadapi Covid-19

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:04 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WBP
Siti Nadia Tarmizi.

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kasus Covid-19 saat ini kembali meningkat. Untuk itu, sejumlah strategi dilakukan pemerintah untuk menghadapi pandemi Covid-19. Mulai meningkatkan kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) hingga upaya 3T (testing, tracing dan treatment).

“Kita tahu menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M serta menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas merupakan kunci selain tentunya vaksinasi yang didukung dengan upaya testing dan tracing termasuk penyiapan tata laksana untuk pengobatan maupun isolasi dan karantina,” kata Nadia pada acara webinar tentang “Indonesian Congress Symposium on Combating Covid-19 Pandemic without Boundaries”, Minggu (16/1/2021).

Di sisi lain, lanjut Nadia, penguatan pintu masuk negara juga dilakukan termasuk penguatan surveilans di dalam negeri merupakan upaya untuk membatasi penyebaran Covid-19 secara luas terutama terhadap varian-varian baru.

Dikatakan Nadia, selama ini pemerintah terus melakukan evaluasi kebijakan untuk mengantisipasi penularan mulai pembatasan berskala besar (PSBB) hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Sementara di bidang ekonomi ada dukungan dari jaringan pengamat sosial karena ekonomi menjadi kunci dalam penanganan pandemi Covid-19.

Khusus untuk vaksinasi, target dari WHO bahwa 40% populasi sudah mendapatkan vaksin dosis kedua di Indonesia sudah terpenuhi. Bahkan, Indonesia termasuk dalam 5 negara yang sudah melakukan penyuntikan jumlah dosis terbanyak maupun jumlah dosis dosis 1 terbanyak sudah disuntikan kepada masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI