Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Dari Syahrini hingga Ridwan Kamil Ikut Jual NFT

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:48 WIB
Oleh : Herman / EHD
Penyanyi Syahrini

Jakarta, Beritasatu.com - Aset digital non-fungible token (NFT) ramai dibicarakan setelah pemuda bernama Ghozali mendadak viral karena menjadi miliarder berkat koleksi NFT foto selfie-nya. Seperti istilahnya, pengertian NFT sendiri adalah barang digital yang tak tergantikan. Ini bisa berupa gambar, karya seni, koleksi, cuplikan video, album musik, item dalam gim, dan banyak item lainnya.

Tidak hanya Ghozali, beberapa publik figur dan politisi juga ikut menjual aset dan karya seni digital melalui NFT. Siapa saja mereka ? Berikut rangkuman Beritasatu.com.

Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat ini juga punya akun di NFT marketplace Opensea. Lewat platform ini, ia membantu pelukis jalanan di Bandung untuk menjual karyanya atau karyanya sendiri. Baru-baru ini lukisan self potraitnya yang berjudul “Pandemic Self Potrait” laku terjual 1 ETH atau setara dengan Rp 45,9 juta di opensea.

Sebelumnya, lukisan dari pelukis jalanan di braga, Bandung yang biasanya dijual Rp 500.000 juga berhasil dijual Ridwan Kamil dengan harga delapan kali lipat lebih tinggi hingga Rp 4,2 juta atau 0,09 ETH di bursa NFT melalui platform Opensea.

"Setelah eksperimen menjual lukisan jalanan Braga, kali ini saya eksperimen menjual karya kreatif sendiri berjudul Pandemic Self Portrait. Terjual I ETH atau setara dengan Rp 45,9 juta. Hayu pada diseriusin hijrah digitalnya," tulis Ridwan Kamil dalam akun instagram @ridwankamil.

Syahrini

Pada 14 Desember 2021 lalu, penyanyi Syahrini meluncurkan juga aset NFT pertamanya yang berjudul "Syahrini's Metaverse Tour” melalui platform NFT Binance. NFT tersebut langsung ludes terjual sebanyak 17.800 unit dengan harga per masing-masing NFT sekitar 20 Binance USD atau sekitar Rp 287.000 per NFT.

Luna Maya

Pertengahan 2021 lalu, aktris Luna Maya digandeng kreator NFT asal Jepang, Tokau untuk meluncurkan karya digital dalam jumlah terbatas sebanyak 10 item. Aset NFT berjudul "Luna Maya 'Queen of the Moon'" itu dijual melalui Bakery Swap dan Binance.

Anang Hermansyah dan Ashanty

Musisi Anang Hermansyah bersama istrinya, Ashanty, juga akan segera meluncurkan pasar NFT mereka bernama ASIX. Token ASIX merupakan utilitas untuk gim berteknologi blockchain yang mengusung tema Pay-to-Earn (P2E), NFT marketplace dan Metaverse. Rencananya ASIX akan diluncurkan pekan depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI