Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Presiden Jokowi: Waspadai Omicron dan Ketidakpastian Ekonomi Global

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:18 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / DAS
Presiden Jokowi pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2022 dan Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia, Kamis, 20 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Jokowi meminta seluruh pelaku usaha tetap berhati-hati meskipun indikator ekonomi mengalami perbaikan karena masih ada varian baru Covid-19, yaitu Omicron.

Indikator ekonomi membaik, menurut Jokowi, dikarenakan penanganan pandemi Covid-19 juga semakin terkendali. Kendati demikian, sekali lagi Presiden meminta semua pihak waspada terhadap varian Omicron.


Presiden Jokowi. (Beritasatu.com)

"Penanganan pandemi sudah semakin terkendali meskipun, hati-hati masih ada varian Omicron yang harus diwaspadai," kata Jokowi dalam sambutan di acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan dan Peluncuran Taksonomi Hijau, Kamis (20/1/2022).

Meskipun kinerja ekonomi sektor riil terus membaik, semua pihak harus tetap waspada terhadap perkembangan pada pandemi Covid-19 utamanya varian omicron. Tidak hanya itu, dunia usaha harus mewaspadai adanya dinamika ekonomi global yang penuh ketidakpastian.

"Dinamika ekonomi global yang penuh ketidakpastian, kelangkaan pangan, kelangkaan energi, kelangkaan kontainer, kenaikan inflasi, kenaikan harga produsen, saya kira persoalan-persoalan itu harus terus kita ikuti karena dampaknya pasti ada terhadap negara kita," jelas Jokowi.

Kepala Negara mengungkapkan, 2021 merupakan tahun yang penuh dengan ketidakpastian serta kompleksitas masalah yang bertubi-tubi datang. Namun, saat ini Indonesia berada dalam fase penting pemulihan ekonomi.

Sebelumnya, Ketua OJK Wimboh Santoso menyatakan bahwa indikator-indikator ekonomi terus menunjukkan perbaikan pada stabilitas ekonomi dan sistem keuangan. Karena itu, Jokowi menegaskan, 2022 menjadi momentum akselerasi pemulihan ekonomi


Wimboh Santoso. (Beritasatu.com)

"Bahwa indikator-indikator ekonomi terus menunjukkan perbaikan-perbaikan stabilitas perekonomian dan sistem keuangan tetap terjaga dengan baik dan kita memiliki fondasi yang kuat untuk melakukan akselerasi pemulihan tahun 2022 akan menjadi momentum, ini akan menjadi momentum," ujar Jokowi

Tak hanya itu, Jokowi menerangkan penanganan pandemi yang semakin baik, ini harus digunakan untuk membangkitkan optimisme, memberikan keyakinan, kepercayaan yang lebih besar pada masyarakat.

"Selain itu harus digunakan untuk membangkitkan optimisme kepada para pelaku usaha agar segera melanjutkan aktivitas ekonomi dan aktivitas aktivitas produktif lainnya," terang Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI