Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

BI Akui Sempat Jadi Korban Serangan Ransomware Bulan Lalu

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:07 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP
Ilustrasi Bank Indonesia.

Jakarta, Beritasatu.com- Bank Indonesia (BI) mengakui sempat terkena serangan Ransomware Conti dalam jaringannya pada bulan lalu atau Desember 2021. Peretasan ini pertama kali diumumkan oleh platform intelijen dark web bernama Dark Tracer.

"BI sadar ada peretasan ransomware pada bulan lalu. Kami sadar kami terkena serangan siber. Ini kejahatan, nyata, dan kami terkena,” kata Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Kamis (20/1/2022).

Meski demikian kata dia, BI sudah melakukan pemulihan, asesmen, audit, dan mitigasi dengan protokol teknologi infromasi (TI) bahkan hingga ke level pegawai. Harapannya dapat membentengi sistem BI dari risiko serangan siber lainnya.

Selanjutnya, BI juga telah melakukan mitigasi agar serangan tersebut tidak terulang. Pertama, BI menyusun kebijakan standar dan pedoman ketahanan siber lebih ketat. "Sebenarnya, BI sudah memiliki standar, tetapi lebih diperketat lagi," kata dia.

Kedua, pengembangan teknologi dan infrastruktur keamanan siber lebih kuat. BI melakukan penguatan framework dan infrastruktur teknologi TI. Ketiga, membangun kerja sama dan koordinasi dengan berbagai pihak dalam mengantisipasi insiden berikutnya. "Dengan langkah ini, kami memastikan bahwa layanan operasional BI tidak terganggu, terkendali, bisa dukung kegiatan ekonomi. Masalah serangan siber sudah kami atasi," tandas Erwin.

Sebelumnya, akun Twitter DarkTracker: DarkWeb Criminal Intelligence (@darktracer_int) menyebut BI ada dalam daftar lembaga yang telah diserang hacker Conti Ransomware. Peretasan data yang dilakukan setidaknya data yang diambil ada 838 file data yang diproses dengan ukuran 487,09 MB "Perhatian kelompok Conti Ransomware sudah mengumumkan Bank Indonesia dalam daftar korban" cuit akun tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI