Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Sandiaga: Tiga Subsektor Ekonomi Kreatif Penyumbang PDB Terbesar

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:17 WIB
Oleh : Herman / FER
Sandiaga Uno.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, ada tiga subsektor ekonomi kreatif yang menjadi penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional yaitu kuliner, fesyen dan kriya.

"Kuliner, fesyen dan kriya menjadi subsektor penyumbang terbesar untuk PDB ekonomi kreatif kita dengan kisaran 75%,” kata Sandiaga Uno dalam webinar Obrolan UMKM Hebat: Dari Tak Biasa Menjadi Luar Biasa yang digelar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Minggu (23/1/2022).

Sandiaga menjelaskan, Kemenparekraf juga terus mendorong kemajuan sektor ekonomi kreatif melalui beberapa produk unggulan, di antaranya apresiasi kreasi Indonesia, fasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI), serta program stimulus Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Bukan hanya Bangga Buatan Indonesia, tapi juga bangga beli produk kreatif lokal,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga menambahkan, kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) bahkan merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Berdasarkan data focus economic outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang lebih dari Rp 1.100 triliun terhadap PDB Indonesia di tahun 2020. Dari segi pelaku usaha, sektor ekonomi kreatif mencapai 8 juta pelaku usaha.

"Data ini menempatkan Indonesia sebagai negara terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dengan Hollywood-nya dan Korea Selatan (Korsel) dengan K-Pop maupun drama Korea sebagai negara dengan kontribusi terbesar ekonomi kreatif pada perekonomian nasional,” pungkas Sandiaga Uno.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI