Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Gercep, Geber, dan Gaspol, 3 Jurus Sandiaga Pulihkan Ekonomi

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:19 WIB
Oleh : Herman / FMB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan sambutan dalam Webinar Nasional Opening Dinamit 2022, 8 Januari 2021. 

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif (ekraf) juga harus menjalankan konsep 3G seperti yang saat ini dijalankan sektor pariwisata.

Jurus 3G yang dimaksud adalah Gercep, Geber, dan Gaspol. Ketiganya memiliki kepanjangan dengan makna tersendiri. Gercep yaitu gerak cepat, Geber berarti gerak bersama, lalu Gaspol yaitu garap semua potensi online.

“Jadilah UMKM yang luar biasa, tetap semangat. Caranya dengan meningkatkan kualitas skill dan juga diferensiasi produk. Ciptakan dan manfaatkan peluang. Inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Kontribusi dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi dengan konsep 3G yaitu Gercep, Geber, dan Gaspol,” kata Sandiaga dalam webinar “Obrolan UMKM Hebat: Dari Tak Biasa Menjadi Luar Biasa” yang digelar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Minggu (23/1/2022).

Terkait konsep ketiga yaitu Gaspol atau garap semua potensi online, Sandiaga mendorong pemanfaatan digitalisasi di segala sektor, termasuk Parekraf. Menurutnya, peluang ekonomi ada di depan mata bagi mereka yang bisa melakukan transformasi dengan memanfaatkan platform digital.

“Dengan memanfaatkan digitalisasi, peluang terbuka luas untuk menciptakan lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Kemenparekraf juga mendorong beberapa program unggulan seperti Desa Wisata dan Desa Kreatif. Program ini menurutnya tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu karena pelaku UMKM lokal terbantukan.

“Inilah bagaimana kita memahami kebutuhan rakyat kita secara komprehensif, menyeluruh, agar pertumbuhan kita ke depan lebih kuat, lebih adil dan lebih setara, jangan sampai ada gap lagi ke depan. Karenanya, UMKM haruslah UMKM yang luar biasa. Kita harus pastikan sumber daya terdistribusi secara adil dan merata,” kata Sandiaga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI