Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Catat Rekor, Hasnur International Shipping Optimistis Lanjutkan Kinerja Positif

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:02 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / FMB
Webinar bertema “Embracing Unpredictability with Technology and Strategic Parnership” yang digelar dalam rangka HUT ke-55 Hasnur Group di Jakarta, Rabu, 29 September 2021.

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan logistik dan pelayaran PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS) selama tahun 2021 berhasil mencatatkan volume pengangkutan kargo sebanyak 7,4 juta metrik ton (MT). Jumlah ini menjadi rekor tertinggi perseroan sejak beroperasi.

"Kami panjatkan syukur dan sampaikan terima kasih kepada pelanggan, karyawan dan pemegang saham atas capaian rekor ini,” ungkap Operations Director Soma Ariyaka.

Masih pada periode yang sama, anak usaha perseroan pada bidang usaha bongkar muat, telah menangani 7,6 juta MT batu bara sepanjang tahun 2021.

Untuk tahun ini, Soma menyampaikan, perseroan mengincar pertumbuhan usaha pengangkutan kargo pada kisaran 5%-10% dibanding tahun 2021. Meningkatnya target ini, sejalan dengan harga komoditas batu bara yang semakin kompetitif.

“Kami optimis, dengan harga batu bara yang semakin kompetitif serta diikuti dengan pemulihan ekonomi global, Perseroan dapat semakin berkembang di tahun 2022,” lanjutnya.

Target itu, sejalan dengan penambahan armada yang dilakukan perseroan pada November 2021 lalu. Secara rinci, perseroan merogoh kocek hingga Rp 150 miliar untuk pembelian dua kapal tunda dan tongkang baru yang diberi nama tunda Hasnur 113 dan Tongkang Hasnur 333.

Kapal Tongkang tersebut berukuran 330 feet dan mampu mengangkut kargo curah sebanyak 10 ribu metrik ton. Dengan penambahan ini armada Perseroan menjadi 12 set armada kapal tunda dan tongkang dengan kapasitas angkut yang bervariasi, mulai 7.500 ton hingga 10.000 metrik ton dan 1 kapal pengangkut CPO (crude palm oil).

Berdasarkan arsip Investor Daily, Direktur Utama Perseroan Jayanti Sari mengungkapkan, dengan penambahan armada ini Perseroan akan semakin berkembang dan bisa melayani pelanggan dengan lebih baik lagi.

“Penambahan kapal tersebut juga sebagai upaya memperkuat armada HAIS yang selanjutnya akan mendorong kinerja Perseroan,” ujarnya.

Melalui penambahan armada tersebut, hasnur berharap meraih pertumbuhan pendapatan sebesar 19% dengan proyeksi kenaikan laba sebesar 30% dalam lima tahun ke depan.

Menilik laporan keuangan HAIS, hingga kuartal III-2021 perseroan membukukan pendapatan konsolidasian neto sebesar Rp 296,5 miliar dan laba bersih Rp 29,8 miliar. Bila dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun 2020, maka pendapatan HAIS meningkat 34% dan laba bersih naik 111%.

Sebagai informasi, Hasnur Internasional Shipping adalah salah satu entitas anak perusahaan dan perusahaan afiliasi yang berada di bawah Hasnur Group. Sebuah Grup Usaha yang berdiri pada tahun 1966. Hasnur Group dan Entitas Anaknya merupakan salah satu grup usaha konglomerasi dengan diversifikasi lini bisnis yang mencakup beberapa industri strategis termasuk kehutanan, pertambangan, agribisnis, media, jasa dan logistik.

Perseroan memiliki dua anak perusahaan yaitu PT Hasnur Resources Terminal sebagai pemegang izin Badan Usaha Pelabuhan yang bergerak di bidang pengelolaan pelabuhan. Anak usaha lainnya adalah PT Hasnur Mitra Sarana yang bergerak dalam kegiatan bongkar muat dan jasa kepelabuhanan lainnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI