Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

2022, LMAN Dapat Alokasi Pendanaan Lahan PSN Rp 28,84 T

Selasa, 25 Januari 2022 | 18:05 WIB
Oleh : Herman / WBP
Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi dalam acara taklimat media yang digelar LMAN, 25 Januari 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi mengungkapkan, alokasi APBN yang diberikan kepada LMAN pada 2022 ini untuk pendanaan pengadaan lahan pembangunan infrastruktur proyek strategis nasional (PSN) mencapai Rp 28,84 triliun. Dari jumlah tersebut, sektor terbesar yaitu jalan tol senilai Rp 24,08 triliun, sumber daya air senilai Rp 4,45 triliun dan pelabuhan senilai Rp 297 miliar.

“Ini sebuah angka yang luar biasa. Artinya apa? Artinya salah satu fokus pemerintah untuk tetap mendukung terlaksananya pembangunan infrastruktur tetap tinggi,” kata Basuki Purwadi dalam acara taklimat media yang digelar LMAN, Selasa (25/1/2022).

Basuki menyampaikan, pendanaan pengadaan lahan terus-menerus didorong melalui kolaborasi berbagai pihak, karena ketersediaan lahan merupakan faktor kunci bagi percepatan pembangunan infrastruktur. Selain itu, pendanaan lahan merupakan refleksi penggunaan APBN untuk menggulirkan berbagai manfaat bagi masyarakat. Dana ganti rugi lahan dapat berfungsi sebagai pengungkit daya beli untuk menggerakkan perekonomian.

Di samping itu, pembangunan infrastruktur juga memicu manfaat berantai bagi pertumbuhan sektor konstruksi dan penyerapan tenaga kerja, peningkatan konektivitas antarwilayah, pertumbuhan ekonomi sekitar dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. “Dengan demikian, percepatan pembangunan infrastruktur oleh seluruh komponen ekosistem di dalamnya, diharapkan dapat turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional dan global,” ujar Basuki.

Sebelumnya di 2021, realisasi penyaluran pembayaran pendanaan pengadaan lahan pembangunan infrastruktur PSN sebesar Rp 22,86 triliun. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 2016 atau sepanjang LMAN mendapatkan tugas untuk melaksanakan pendanaan lahan PSN. Dari jumlah tersebut, jalan tol menjadi sektor dengan pendanaan lahan tertinggi yang mencapai Rp 17,87 triliun, disusul oleh bendungan, jalur kereta api, pelabuhan dan irigasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI