Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Restock.id Targetkan Pembiayaan UKM Rp 1,5 Triliun di 2022

Selasa, 25 Januari 2022 | 18:38 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER
Ilustrasi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang memanfaatkan platform e-commerce.

Jakarta, Beritasatu.com - Restock.id, salah satu platform peer to peer (P2P) lending di Indonesia yang berkembang pesat sejak berdiri pada September 2019.

Dalam tempo dua tahun, penyaluran dana Restock.id ke para borrowers atau penerima pembiayaan UKM, meningkat drastis dari Rp 12 miliar di tahun 2019 menjadi Rp 750 miliar di akhir tahun 2021.

Chief Sales Officer Restock.id, Rega Sardjono mengungkapkan, pada tahun 2020, penyaluran dana Restock.id sebesar Rp 150 miliar, dan kemudian naik menjadi Rp 750 miliar di tahun 2021.

Meningkatnya penyaluran dana kepada para borrowers ini terjadi karena beberapa hal. Model bisnis Restock.id terbilang cukup unik, berbeda dengan P2P lending lainnya yang menyalurkan dana kepada perseorangan dan produk multiguna.

"Kami menyalurkan dana pada usaha-usaha kecil dan menengah produktif, dengan sistem inventory financing, yaitu persediaan atau stok produk terbaik mereka dijadikan jaminan untuk memperoleh pembiayaan dari para lender,” ujar Rega dalam siaran pers, Selasa (25/1/2022).

Rega menjelaskan, Restock.id menargetkan usaha-usaha industri yang berbasis retail dari UKM lokal yang bergerak di produk fashion retail, consumer goods seperti gula, minyak, kosmetik, dan berbagai jenis barang yang biasa ditemukan di supermarket, termasuk usaha-usaha direct-to-consumer.

Restock.id juga telah memberikan pendanaan pada UKM retail yang bergerak di industri healthcare seperti masker, antigen PCR dan hand sanitizer, yang booming di masa pandemi Covid-19.

Restock menyasar UKM yang cenderung unbankable karena banyak institusi keuangan lainnya yang belum dapat
menerima pengajuan pinjaman dari para pengusaha UKM. "Di masa pandemi, ekosistem pendukung retail online semakin menguat. Ini otomatis membantu bisnis yang dijalankan para UKM menjadi semakin maju,” jelasnya.

Menurut Rega, UKM-UKM ini kesulitan mendapatkan pendanaan dari institusi keuangan lainnya karena kurang atau tidak ada jaminan berupa aset yang cukup, padahal mereka punya potensi tinggi untuk maju dan berkembang. "Di situlah Restock menawarkan pembiayaan usaha berdasarkan stok barang yang mereka miliki,” lanjut Rega.

Rega menambahkan, Restock.id di tahun 2022 ini siap melaju kencang dengan menargetkan pembiayaan ke UKM sebesar Rp 1,5 triliun dan juga menambah ekosistem partner di bidang-bidang lain, seperti industri social commerce dengan Evermos, sebuah platform marketplace untuk reseller and dropshipper, serta industri beauty, bersama Nose Herbalindo.

"Saat ini kami juga dalam proses penjajakan kerja sama dengan beberapa perusahaan lainnya dengan harapan bisa memperluas ekosistem dari Restock, dan agar dapat mewujudkan mimpi kami menjadi akseleran untuk para UKM di Indonesia” kata Rega.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI