Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Merugi Rp 11 T, Petani Sawit Minta Larangan Ekspor Dicabut

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:45 WIB
Oleh : Robby Kurniawan / WBP
Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia menggelar aksi keprihatinan di gedung Kementerian Koordinator Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat Selasa 17 Mei 2022.

Jakarta Beritasatu.com- Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia menggelar aksi keprihatinan atau unjuk rasa di gedung Kementerian Koordinator Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat Selasa (17/52022).

Para petani sawit meminta pemerintah mencabut larangan ekspor minyak goreng dan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) karena berdampak langsung pada anjloknya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit pada petani di seluruh Indonesia. Sejak larangan diberlakukan 28 April 2022, petani merugi Rp 11,7 triliun.

Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Gulat Manurung mengungkapkan, kedatangan para petani sawit ke kantor Kemko Perekonomian untuk meminta pemerintah membuka kembali ekspor CPO sehingga harga TBS petani dapat kembali normal.

"Aksi keprihatinan ini bentuk penderitaan petani sawit yang hari ini harga TBS kami sudah tidak ada, bahkan pabrik sudah banyak tutup, tangki penuh karena tidak ada ekspor," kata Gulat Selasa siang ( 17/5/2022 )

Dia mengatakan larangan eskpor CPO dan turunannya menyebabkan stok minyak di pabrik membeludak hingga tak lagi menerima pasokan kelapa sawit dari petani. Dampaknya petani sawit merugi lantaran TBS membusuk. "Akibat penghentian ekspor CPO sendiri, para petani di seluruh Indonesia sudah merugi hingga Rp 11,7 triliun," kata dia.

Gulat mengatakan aksi keprihatinan ini juga meminta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto agar subsidi minyak goreng kepada masyarakat perlu dibantu TNI-Polri, agar minyak goreng dapat merata ke masyarakat. "Selama ini pembagian minyak goreng ke masyarakat tidak merata, kami minta kepada bapak presiden minyak goreng sudah hampir merata, sedikit lagi sampai final," kata Gulat.

Para petani berharap pemerintah segera membuka kembali ekspor CPO dan petani sawit siap untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan nawacita. "Oleh karena itu sudah boleh lah larangan ekspor dicabut," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI