Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Hadapi Tantangan Global, Jokowi: Utamakan Produk Lokal

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:24 WIB
Oleh : Herman / FER
Joko Widodo.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, di tengah berbagai tantangan perekonomian global yang tengah bergejolak, antara lain inflasi, kelangkaan energi dan juga kelangkaan pangan, Indonesia perlu membangun kekuatan nasional. Salah satunya, dengan membeli produk dalam negeri, khususnya produk-produk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah).

“Pertumbuhan ekonomi global tahun ini melambat turun menjadi 3,6% dari prediksi sebelumya 4,4%. Permasalah global ini juga berdampak pada perekonomian di dalam negeri. Kita harus terus berbenah diri membangun kekuatan nasional kita. Salah satu strategi kita adalah membelanjakan uang kita, baik APBN, swasta maupun masyarakat untuk membeli produk kita sendiri, membeli produk dalam negeri,” kata Jokowi saat meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBBI) Bangka Belitung 2022 secara daring, Jumat (20/5/2022).

Jokowi mengungkapkan, di tahun 2022, potensi belanja barang dan jasa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sangat besar mencapai Rp 1.062 triliun, di mana untuk belanja pemerintah pusat sebesar Rp 526 triliun dan belanja pemerintah daerah sebesar Rp 535 triliun. Sementara belanja barang dan jasa di BUMN setiap tahunnya sekitar Rp 420 triliun.

"Saya sudah memerintahkan, minimal 40% dari belanja pusat dan daerah serta belanja BUMN harus dialokasikan untuk membeli produk lokal dalam negeri, terutama produk UMKM,” kata Jokowi.

Di kesempatan ini, Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai dan membeli produk-produk Indonesia, bangga menggunakan produk Indonesia. Gernas BBI menurut Jokowi juga sejalan dengan program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Seluruh masyarakat bisa menjadi pembeli, menjadi pengguna dan sekaligus membantu marketing produk-produk dalam negeri,” kata Jokowi.

Di samping itu, Jokowi juga mengingatkan agar peningkatan pemasaran juga dibarengi dengan peningkatan kualitas produk dan pelayanan.

"Produk lokal kita juga bukan hanya barang, tetapi ada objek wisata. Kita juga harus bangga berwisata di Indonesia , baik wisata alam maupun budaya,” kata Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI