Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Mentan Sebut Stok Hewan Ternak untuk Iduladha Aman dari PMK

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:20 WIB
Oleh : Ibnu Malikh / WBP
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) terus dilakukan secara maksimal.

Cilegon, Beritasatu.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan stok hewan ternak untuk hari raya Iduladha dipastikan aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK) atau foot and mouth disease.

Hal itu diungkapkan saat melakukan kunjugan ke Badan Karantina Pertanian (BKP) II Cilegon pada Sabtu (21/5/2022) pagi. Kunjungan Mentan juga untuk memastikan standar operasional prosedur (SOP) dan protokol aspek lalu lintas hewan ternak antar-provinsi, kabupaten dan kota.

"Pemeritah berupaya meminimalisir penularan PMK," kata Syahrul Yasin Limpo.

Mentan mengatakan, truk muatan hewan ternak dari pulau Sumatera menuju pulau Jawa atau sebaliknya akan dilakukan sejumlah tahapan pengecekan, seperti penyemprotan melalui tray disinfektan oleh Badan Karantina Pertanian (BKP) II Cilegon.

Mentan menyebutkan, jika truk muatan pada hewan dinyatakan positif terinfeksi PMK, maka hewat tersebut akan dilarikan ke tempat instalasi karantina hewan dan dilakukan penanganan khusus BKP II Cilegon.

"Menjelang Iduladha, Kementan akan memberlakukan pengecekan lebih ketat kepada mobil yang membawa hewan kurban," kata Syahrul Yasin Limpo.

Menteri Pertanian mengatakan, meski penyakit ini terkonfirmasi dapat menyebar cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak, tetapi PMK dipastikan tidak berisiko terhadap kesehatan manusia.

Hasil laboratorium menunjukkan beberapa ternak yang terkonfirmasi positif PMK memiliki tingkat kematian rendah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI