Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Bisnis Makanan Menggeliat, Lakuliner Ekspansi 100 Cabang

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:50 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP
Ilustrasi training UMKM.

Jakarta, Beritasatu.com - Lakuliner, jaringan dapur rumah online memanfaatkan tingginya pengguna jasa pesan-antar makanan dan positifnya tren cloud kitchen dengan melakukan ekspansi cabang di berbagai titik di Jabodetabek

“Lakuliner bersama dengan mitra bisnis kuliner akan terus berekspansi hingga 100 cabang di Jabodetabek dengan menggunakan ruang/tempat kosong di rumah penduduk yang saat ini banyak masih belum dimaksimalkan,” kata CEO Lakuliner Rinaldi Dharma Utama dalam keterangan tertulisnya Sabtu (21/5/2022).

Dia mengatakan perusahaan juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama sebagai mitra, yakni dengan menyulap ruang terabaikan di rumah menjadi ladang bisnis. "Bersama kami, para ibu rumah tangga bisa berjualan makanan dari kediamannya masing-masing," kata Rinaldi.

Rinaldi mengatakan para pemilik bisnis makanan dan minuman akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan aktivitas operasional. Mereka hanya perlu mengirimkan pre-cooked meals (makanan yang sudah setengah jadi) ke jaringan dapur Lakuliner. Selebihnya, makanan akan diurus perusahaan dan para mitra dapur rumahan.

Tidak hanya itu, Lakuliner juga akan merangkul para pelaku UMKM kuliner untuk berkolaborasi dengan sistem bagi hasil antara mitra pengusaha kuliner dengan pemilik dapur rumah. "Dengan demikian, UMKM kuliner bisa berekspansi dengan biaya murah dan operasional taktis," kata dia.

Menurut Rinaldi, konsep cloud kitchen berbasis dapur rumahan tidak akan mengurangi mutu dan kualitas makanan. Pasalnya, perusahaan melakukan pengecekan atau audit ketat, mulai standardisasi kebersihan, pengontrolan hama, hingga menyelesaikan keluhan pelanggan.

Yuli, pemilik usaha makanan Ayam Bebek Tiarap mengatakan dari 2011–2019, Ayam Bebek Tiarap sudah berjualan secara offline. Pandemi kemudian menerpa dan mereka harus tutup selama 6 bulan. Namun, pada 2020, Ayam Bebek Tiarap mulai bergerak secara online bersama Lakuliner. Tujuh titik berhasil dibuka dengan penghasilan memuaskan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI