Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Karya Kreatif Indonesia 2022 Jadi Pendorong Kebangkitan UMKM

Jumat, 27 Mei 2022 | 11:22 WIB
Oleh : Herman / FMB
Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022, 27 Mei 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 yang kali ini mengangkat tema “UMKM Indonesia Bangkit Melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”. KKI merupakan agenda tahunan di mana produk-produk UMKM binaan BI dan kementerian/lembaga ditampilkan, baik secara online maupun offline.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, ada tiga kata kunci dalam penyelenggaraan KKI tahun ini, yaitu sinergi, digitalisasi dan globalisasi. Tiga kata kunci inilah yang menjadi pendorong kebangkitan UMKM menjadi kekayaan nasional, menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pada KKI ini kami melakukan sinergi yang erat dengan 13 kementerian/lembaga, lima asosiasi, 26 industri dan juga perbankan. Dari sinergi ini, kita bangkitkan UMKM dari daerah ke nasional, dan dari nasional ke global,” kata Perry Warjiyo dalam pembukaan KKI 2022, Jumat (27/5/2022).

Kedua adalah digitalisasi. Strategi ini penting untuk membawa UMKM Indonesia tidak hanya menjadi pemain di tingkat nasional, tetapi juga global. BI juga terus melakukan digitalisasi sistem pembayaran agar proses transaksi ekonomi berjalan lebih cepat. Saat ini sudah ada 17,2 merchant yang menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS), di mana 90% pengguna QRIS tersebut adalah pelaku UMKM. Transaksi di dalam KKI seluruhnya juga menggunakan platform digital.

“Yang ketiga, globalisasi. KKI di sini menampilkan produk-produk unggulan berkualitas ekspor, tentu saja dengan harga produsen. Setiap tahun kami mengkurasi produk-produk UMKM binaan BI dan kementerian/lembaga,” kata Perry.

KKI 2022 menghadirkan 20 event, business matching, proses pembiayaan, dan juga menghubungkan UMKM dengan pembeli global. Ada sebanyak 200 UMKM yang dihadirkan secara fisik, dan 500 UMKM secara virtual.

Wakil Presiden Maruf Amin juga mengapresiasi langkah BI yang secara rutin menyelenggarakan KKI, guna mendukung pengembangan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Saya mengapresiasi upaya Bank Indonesia untuk melaksanakan program pengembangan UMKM melalui tiga pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan, guna mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif dan adaptif,” kata Maruf Amin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI