SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Sentimen Investor Belum Stabil, Bursa Eropa Ditutup Positif

Rabu, 29 Juni 2022 | 07:37 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB
Ilustrasi bursa Eropa

London, Beritasatu.comBursa Eropa ditutup sedikit lebih tinggi pada hari Selasa (29/6/2022). Sentimen investor masih belum stabil karena kekhawatiran resesi masih menghantui pasar.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,27%, DAX Jerman naik 0,9%, FTSE Inggris naik 0,9%, FTSE MIB Italia naik 0,79%.

Advertisement

Penguatan di Eropa mengikuti kenaikan di bursa Asia-Pasifik, yang berayun ke wilayah positif pada perdagangan Selasa, setelah keputusan Tiongkok untuk mengurangi separuh periode karantina menjadi tujuh hari, dengan tiga hari lagi dihabiskan di rumah, yang memberi pasar sinyal bahwa Beijing melonggarkan pendekatan ketatnya untuk memberantas Covid-19.

Di Wall Street, saham tertekan karena data kepercayaan konsumen yang lemah menambah kekhawatiran atas kemungkinan resesi.

Kekhawatiran penurunan telah meningkat akhir-akhir ini karena The Fed mencoba memerangi lonjakan inflasi dengan kenaikan suku bunga yang agresif, menghasilkan sentimen risiko yang bergejolak di seluruh dunia. Cathie Wood, CEO perusahaan manajemen aset kontroversial Ark Invest, mengatakan kepada CNBC Selasa bahwa AS sudah dalam resesi.

KTT G-7 di Jerman berakhir hari Selasa. Pertemuan para pemimpin dari tujuh negara industri paling kaya di dunia melihat kelompok itu menegaskan kembali dukungan mereka untuk Ukraina, dengan mengatakan mereka akan mendukung negara itu "selama diperlukan."

Di Spanyol pada hari Selasa, KTT NATO terbaru dibuka dengan perang di Ukraina sebagai agenda utama. Sekretaris Jenderal aliansi Jens Stoltenberg mengatakan Senin bahwa NATO akan meningkatkan kekuatan kesiapan dari 40.000 menjadi 300.000.

Survei kepercayaan konsumen GfK Jerman menunjukkan Selasa bahwa sentimen konsumen di ekonomi terbesar Eropa diproyeksikan meluncur ke rekor terendah pada Juli, dengan perang di Ukraina dan gangguan rantai pasokan mendorong harga makanan dan energi yang semakin tinggi.

Dalam hal pergerakan harga saham individu di Eropa, produsen mesin pesawat terbang Inggris Rolls-Royce naik 6,5%.

Produsen mobil Prancis Renault naik 2,4% setelah bermitra dengan grup IT Atos pada pengumpulan data dalam upaya untuk memangkas biaya.

Di bagian bawah Stoxx 600, perusahaan fintech yang berbasis di London, Wise, turun 15% setelah hasil setahun penuh mengecewakan.

Dalam berita perusahaan lainnya, Produsen Mobil Stellantis berencana untuk memulai konversi pabrik Termoli-nya di Italia selatan menjadi gigafactory penghasil baterai pada tahun 2024, serikat pekerja Italia mengumumkan pada hari Senin. Saham Stellantis naik 1%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI