SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Intan Fauzi: Perempuan Punya Kapasitas Jadi Pegawai BUMN

Rabu, 29 Juni 2022 | 22:49 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR
Anggota DPR dari Fraksi PAN Intan Fauzi.

Jakarta, Beritasatu.com – Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Intan Fauzi mengapresiasi lolosnya kaum perempuan dalam rekrutmen pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Intan berharap Kementerian BUMN konsisten menjaga profesionalisme dan objektivitas dalam pelaksanaan rekrutmen bersama pegawai BUMN.

“Dari hasil rekrutmen bersama pegawai BUMN sebanyak 60 persen yang lolos adalah perempuan, tanpa ada dispensasi maupun kekhususan, artinya mayoritas peserta yang lulus adalah perempuan. Hal ini menunjukkan perempuan memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menempati posisi di perusahaan milik rakyat. Sejalan dengan target Menteri BUMN, yaitu di tahun 2023 tercapai 25 persen jajaran pimpinan perempuan di BUMN,” kata Intan di ruang rapat Komisi VI, gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Advertisement

Intan merespons paparan Kementerian BUMN terkait rekrutmen bersama pegawai BUMN tahun 2022. Hadir dalam kesempatan itu Deputi SDMTI Kementerian BUMN Tedi Bharata dan Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar.

Catatan Intan Fauzi lainnya, terkait peserta yang lulus seluruhnya berasal dari 10 perguruan tinggi negeri (PTN). Intan mendorong agar perguruan tinggi swasta juga bisa bersaing dan IPK tak menjadi ukuran utama, tetapi hanya salah satu variabel dalam penjarigan pegawai BUMN. “Menurut saya IPK tak selalu menjadi yang utama, tetapi kompetensi dan sebagainya bisa menjadi parameter penilaian,” ungkap Intan.

Selain rekrutmen dari jenjang sarjana, Intan Fauzi menyarankan karena jumlah S-1 masih sangat sedikit, pemerintah secara umum, khususnya Kementerian BUMN bisa mengambil SDM dari sekolah kejuruan.

“Perlu dipertimbangkan menjaring lulusan sekolah kejuruan dan yang setingkat, karena buat apa Indonesia membuat banyak sekolah kejuruan untuk siap kerja, tetapi tidak terserap oleh dunia usaha, pesan Intan.

Tedi maupun Alexandra memaparkan tahapan rekrutmen bersama BUMN yang diawali pembukaan dan peluncuran pada 11 April 2022, proses utama pendaftaran dan seleksi awal pada 14-25 April 2022. Kemudian, seleksi tes kemampuan dasar dan core value BUMN pada 19-24 Mei 2022. Berikutnya, seleksi masing-masing BUMN pada 13-27 Juni 2022. Lalu, bela begara dan inagurasi bagi peserta yang lolos. Terakhir, induksi dan on boarding di masing-masing BUMN.

FHCI berkomitmen untuk melaksanakan rekrutmen bersama secara profesional dan transparan, akuntabel dan mengedepankan nilai-nilai akhlak. Tedi Bharata menekankan komitmen transparansi dalam program rekrutmen bersama. BUMN tak bisa mengintervensi apa yang dilakukan FHCI.

“Ada beberapa direktur utama berkeluh kesah karena putra putrinya tak lolos dalam rekrutmen, semuanya kembali asal punya kompetensi maka dia bisa lolos, ini benar-benar kita jaga, semuanya sama. Pak Arya Sinulingga, bahkan ada sanak saudaranya juga enggak lolos. Ini benar-benar kita jaga untuk memastikan orang-orang yang lolos memang berhak menjadi bagian dari BUMN,” ujar Tedi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI