SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Sri Mulyani Sebut Tjahjo Kumolo Kolega yang Luar Biasa

Jumat, 1 Juli 2022 | 19:20 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / FER
Upacara pelepasan Jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat, 1 Juli 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan turut berduka citanya atas wafatnya Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo.

"Tentu kita semuanya sangat berduka cita atas meninggalnya kawan satu kabinet, Pak Tjahjo Kumolo. (Beliau) seorang teman dan seorang kolega yang luar biasa sangat atentif memberikan perhatian, responsif terhadap kebutuhan negara ini," kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Jumat (1/7/2022).

Advertisement

Semasa di kabinet, selama 8 tahun, Sri Mulyani dan Tjahjo Kumolo sering menjalani program kerja bersama yakni saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) maupun saat dipindah ke Menteri PAN dan RB.

"Beliau itu orangnya luar biasa sangat antentif. Bagi kami dulu waktu sebagai partner di Kementerian Dalam Negeri di dalam mendukung pengelolaan anggaran terutama yang disalurkan ke pemerintah daerah, Pak Tjahjo sangat responsif dan bersama-sama dengan Kementerian Keuangan dengan Kementerian Dalam Negeri di dalam menjaga pelaksanaan tugas-tugas kita bersama," jelasnya.

Disaat pindah ke Kementerian PAN dan RB, kata Sri Mulyani, Tjahjo Kumolo juga tetap konsisten di dalam mendukung reformasi birokrasi, promote berbagai peraturan-peraturan untuk perbaikan dari sisi tata kelola, kemudian juga dari sisi reward dan punishment ke ASN.

Tak hanya itu, di saat pemerintah tengah menghadapi pandemi, beliau juga sangat mendukung perubahan dan cara kerja untuk ASN yang lebih modern dan update dalam hal ini termasuk flexible working hour.

Sri Mulyani menegaskan, Tjahjo Kumolo telah memberikan banyak peran dalam mengubah cara kerja ASN. Selain itu, dia juga juga mengenang Tjahjo sebagai teman di luar pekerjaan.

"Saya sangat kehilangan Pak Tjahjo karena selama ini banyak sekali memberikan terhadap reform-reform yang kita lakukan dan juga komitmennya yang luar biasa waktu menyampaikan dan mencoba membangun tata kelola, baik di Kementerian Dalam Negeri atau Kementerian PAN dan RB," tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI