SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Pacu Bisnis UMKM, Esta Dana Ventura Kembali Gandeng 9 BPR

Jumat, 1 Juli 2022 | 20:51 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER
Esta Dana Ventura kembali menjalin kerja sama dengan sembilan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk menyalurkan pembiayaan ke sektor UMKM.

Tangerang, Beritasatu.com - Komitmen Esta Dana Ventura dalam mendukung pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia tidak diragukan.

Perusahaan kembali menjalin kesepakatan kerja sama dengan sembilan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk menyalurkan pembiayaan ke sektor UMKM.

Advertisement

Adapun kesembilan bank perkreditan rakyat yang bekerja sama dengan Esta Dana Ventura, yakni PT BPR Kredit Mandiri Indonesia, PT BPR Hariarta Sedana, PT BPR Artharindo, PT BPR Eka Bumi Artha, PT BPR Hasa Mitra Makassar, PT BPR Serang (Perseroda), PT BPR Indra Candra, PT BPR Daya Lumbung Asia, dan PT BPR Duta Pakuan Mandiri.

Direktur Utama Esta Dana Ventura Rony Harianto berharap, melalui kerja sama ini seluruh debitur, dimana mayoritas adalah UMKM, berpeluang mendapatkan pembiayaan yang lebih besar dibanding sebelumnya.

"Sehingga, potensi pengembangan usaha mereka semakin optimal. Bersama kesembilan bank perkreditan rakyat ini, kami berkomitmen tinggi mendukung UMKM tanah air," ujarn Rony dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Jumat (1/7/2022).

Rony juga berharap, para nasabah UMKM di Esta Dana Ventura dapat merasakan dampak positif dari kerja sama tersebut, berupa kemudahan mendapatkan fasilitas pinjaman produktif bagi peningkatan performa bisnis maupun kesejahteraan pelaku usaha.

"Selama ini Esta Dana Ventura sendiri merupakan perusahaan modal ventura dengan berfokus pada penyaluran pinjaman bagi pelaku UMKM terutama kaum wanita dari keluarga pra sejahtera yang tersebar di seluruh Nusantara hingga Indonesia Timur," paparnya.

Rony menjelaskan, hingga kini Esta Dana Ventura telah menyalurkan pinjaman mencapai di atas Rp2 triliun kepada 200.000 wanita pengusaha mikro. Angka sebesar itu disalurkan melalui 200 kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Ke depan, kami berkomitmen terus berupaya meningkatkan potensi dan peluang bagi pelaku UMKM untuk berkembang. Caranya, menyediakan program-program pemberdayaan yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku UMKM,” pungkas Rony.

Sebelumnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menyumbang 90% bisnis di dunia. Selain itu, sekitar 60% hingga 70% lapangan kerja dibuka oleh UMKM.

Hal ini disampaikan ambassador WUSME (World Union of Small and Medium Enterprises) yang juga Ketua Umum PBA (Perkumpulan Bumi Alumni) Dr Ary Zulfikar, dalam mengapresiasi hari UMKM Internasional yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2022.

"UMKM diakui oleh PBB menyumbang 90% bisnis di dunia dan 60% hingga 70% lapangan kerja anggota dibuka oleh UMKM,” ujar Ary, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/6/2022).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI