Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Harga Kripto ETH Naik 90% dalam 30 Hari, Dampak dari Merge?

Senin, 15 Agustus 2022 | 07:10 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB
Ilustrasi aset kripto cryptocurrency Ethereum.

Jakarta, Beritasatu.com - Di tengah pemulihan pasar kripto jangka pendek, ethereum telah menorehkan pertumbuhan yang menonjol di antara kripto utama lain, dengan tumbuh 90% dalam 30 hari. Faktor bullish ini tampaknya berasal dari sentimen pembaruan yang akan datang, The Merge, yang diharapkan akan membuat jaringan ethereum menjadi lebih cepat, murah dan ramah lingkungan karena beralih konsensus dari proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS).

Selain itu, proporsi kapitalisasi pasar dari koin ethereum, ether (ETH), ke seluruh kapitalisasi pasar kripto telah melonjak, dari 14,88% menjadi 18,47%. “Mempertimbangkan posisi terdepan ethereum di ruang kripto, The Merge adalah kabar baik untuk seluruh pasar kripto,” ujar CEO dan Pendiri dari Bursa Kripto CoinEx, Haipo Yang dalam keterangan resmi, Senin (15/8/2022).

Lanjut dikatakan, setelah The Merge, pencetakan koin ether baru tidak akan lagi melalui mekanisme panambangan atau mining, tetapi melalui mekanisme staking, yaitu mengunci ETH di dompet kripto untuk membantu memvalidasi jaringan. “PoS akan membuat jaringan ethereum menjadi lebih aman dan terdesentralisasi. Terlebih, semakin tinggi jumlah pengguna yang terlibat dalam jaringan, maka itu akan semakin terdesentralisasi dan semakin tidak rentan terhadap serangan,” ujar Haipo.

Perlu diketahui, dalam konsensus PoS, pengguna harus menyetor setidaknya 32 koin ETH ke dalam sistem jika mereka ingin menjadi validator. “Selain itu, ada konsep sharding yang baru dari the Merge, yang pada intinya akan meningkatkan jumlah transaksi yang dapat ditangani, atau biasa disebut dengan TPS,” ujar Haipo Yang.

Dalam pengumuman resmi pengembang inti ethereum, the Merge akan mulai dilaksanakan pada tanggal 19 September mendatang. Tetapi, apakah ini akan mengalami penundaan lagi atau tidak masih perlu ditunggu karena belum ada sesuatu yang pasti dari tanggal yang telah diumumkan.

Dari sisi penambang, the Merge tentu akan menghentikan aktivitas mereka. Tetapi, mereka meyakini bahwa pembaruan ini tidak akan berjalan sesuai jadwal, alias mengalami pengunduran lagi. “Banyak penambang berpendapat bahwa meskipun the Merge selesai, penambangan PoW Ethereum tidak akan segera berhenti. Mereka percaya bahwa penambangan PoW akan tetap ada untuk waktu yang lama. Artinya, PoS dan PoW akan hidup berdampingan,” ujar Haipo.

Tentunya, mayoritas pendukung dan investor ethereum berharap the Merge segera dilaksanakan sesuai jadwal agar jaringan dapat bertransformasi menjadi lebih baik. Ini juga diharapkan mampu mendorong adopsi massal teknologi blockchain.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI