Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Barito Pacific Dukung Mapala UI Wujudkan Ekonomi Sirkular

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:58 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP
PT Barito Pacific Tbk (BRPT) melalui Yayasan Bakti Barito, memberikan dukungan kepada Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia (UI) dalam menjalankan kegiatan Universitas Indonesia Membangun Nusa (UIMN) terkait pengelolaan sampah terpadu dan ekonomi sirkuler.

Jakarta, Beritasatu.com- Perusahaan sektor sumber daya alam terintegrasi, Barito Pacific melalui Yayasan Bakti Barito, memberikan dukungan kepada Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia (UI) dalam menjalankan kegiatan Universitas Indonesia Membangun Nusa (UIMN) terkait pengelolaan sampah terpadu dan ekonomi sirkuler.

Salah satu kegiatan Mapala UI adalah mengadvokasi ekonomi sirkular melalui program trash to cash dan community development di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Program community development lainnya yakni program Rumah Baca Nusantara serta mendorong UMKM yang fokus pada suplai oleh-oleh khas Dusun Prajak berbahan dasar rumput laut.

“Universitas Indonesia Membangun Nusa atau UIMN merupakan konsep kegiatan visioner dan memiliki misi menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya untuk menjadi pemicu perubahan sosial yang berkelanjutan. Konsep UIMN yang mengusung nilai efektivitas, sinergitas, dan keberlanjutan pada setiap proyek kegiatannya merupakan landasan yang cukup untuk memberikan dampak positif berkelanjutan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar),” ujar Ketua pelaksana UIMN Tries Apriliando dalam keterangan tertulisnya Rabu (17/8/2022).

Program trash to cash merupakan kegiatan pengelolaan sampah di Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB yang selama ini masih belum optimal. "Dengan adanya program ini diharapkan terjadi ekonomi sirkular dengan mengelola sampah plastik yang memiliki nilai ekonomi," kata dia.

Anggota Dewan Pembina Yayasan Bakti Barito, Rudy Suparman mengatakan, kegiatan UIMN ini sejalan dengan program Bakti Barito dalam ekonomi sirkular, yaitu Bakti Kelola Lingkungan yang bertujuan membangun perilaku konsumsi bertanggung jawab tentang pengelolaan sampah.

Yayasan Bakti Barito merupakan yayasan filantropi yang fokus memberikan manfaat bagi semua kepentingan masa depan dengan kegiatan di bidang pendidikan, lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Ekonomi sirkular bertujuan membantu mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, limbah, dan polusi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI