Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Perluas Distribusi Pemasaran, Mustika Ratu Gandeng Kimia Farma

Jumat, 19 Agustus 2022 | 17:49 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) menjalin kerja sama dengan PT Kimia Farma Tbk (KAEF) untuk perluasan distribusi pemasaran dan pengembangan bisnis.

Jakarta, Beritasatu.comPT Mustika Ratu Tbk (MRAT) menjalin kerja sama dengan PT Kimia Farma Tbk (KAEF) untuk perluasan distribusi pemasaran dan pengembangan bisnis. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara PT Mustika Ratu Tbk dengan PT Kimia Farma Tbk di Kantor Pusat Kimia Farma di Jalan Veteran Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2022).

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang mengatakan, kerja sama ini akan memperluas distribusi produk Mustika Ratu yang dipasarkan melalui jaringan Kimia Farma.

"Kami optimistis dengan strategi pemasaran Mustika Ratu dan Kimia Farma melalui jaringan Kimia Farma dapat meningkatkan pencapaian yang lebih besar untuk kedua belah pihak," ujar Bingar dalam keterangannya, Jumat (19/8/2022).

Selain itu kerja sama yang terjalin MRAT dan KAEF juga mencakup kolaborasi kegiatan promosi dan pemasaran. Melalui sinergi tersebut, baik Mustika Ratu dan Kimia Farma dapat melakukan kerja sama event dengan melibatkan Puteri Indonesia untuk menjadi brand ambassador dari masing-masing perusahaan.

"Sehingga harapannya dengan kegiatan misalnya di outlet-outlet Kimia Farma yang potensial kami bisa bawa trafik di apotek atau di toko Kimia Farma sehingga pembeli banyak yang mengunjungi. Ini akan menjadi salah satu kegiatan yang menguntungkan buat kedua belah pihak," ujar Bingar.

Lebih lanjut Direktur Pemasaran, Riset dan Pengembangan Kimia Farma Jasmine Karsono mengatakan, sinergi antara Kimia Farma dan Mustika Ratu nantinya dapat dikembangkan ke dalam berbagai bentuk kerja sama. Mulai dari produk dan jasa, pemasaran dan distribusi produk untuk omni channel, pengembangan dan suplai produk berbasis minyak atsiri, toll manufacturing, serta pengembangan portofolio produk baik produk baru maupun eksisting.

"Kami ada 48 distribution centre di seluruh Indonesia, kami ada apotek lebih dari 1.100, kami punya klinik. Sementara itu Mustika Ratu adalah prestige heritage company lokal yang bikin jamu dan obat tradisonal serta kosmetik. Jadi ini adalah satu paduan kerja sama yang sangat besar mengembangkan bisnsi kita berdua," ungkap Jasmine.

Jasmine menambahkan, salah satu bentuk kerja sama yang tengah diinisiasi KAEF dan MRAT saat ini adalah ekspansi gerai Jejamu by Mustika Ratu di outlet-outlet Kimia Farma Apotek. Sebagai tahap awal, ditargetkan akan ada 50-100 gerai berbentuk booth Jejamu by Mustika Ratu di wilayah outlet Kimia Farma Apotek.

"Jadi produk Mustika Ratu dijual di Kimia Farma Apotek dan akan terus kami kembangkan, disitu akan ada booth untuk menjual Jejamu by Mustika Ratu, jadi orang bisa santai sambil ngejamu di situ. Jadi bisa menarik juga untuk pengunjung Kimia Farma Apotek, sekaligus menarik juga untuk yang beli jamu jadi ada sinerginya untuk kita berdua," jelas Jasmine.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI