Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Bulog Jajaki Peluang Ekspor Jagung Pakan Ternak ke Filipina

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:03 WIB
Oleh : Herman / FER
Petani menjemur jagung yang baru dipanen.

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Divisi Kepala Divisi Pengadaan Komoditi Bulog Budi Cahyanto mengungkapkan, jagung merupakan salah satu komoditas yang berpeluang untuk diekspor. Apalagi surplus produksi jagung pada tahun ini bisa mencapai 3 juta ton.

Saat ini, kata Budi, Bulog juga tengah memulai penjajakan ekspor jagung pakan ternak. Salah satu negara yang menjadi tujuan ekspor yakni Filipina.

"Kita sudah rencanakan ekspor jagung, bahkan saya sudah menghubungi KBRI kita di Manila (Filipina), atase perdagangan kita di sana. Beliau juga sangat aware, sangat bisa membantu kita untuk bisa merealisasikan itu dalam waktu dekat,” kata Budi dalam acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Tantangan Ketahanan Pangan Hadapi Krisis Global”, Jumat (19/8/2022).

Untuk melakukan ekspor jagung tersebut, Bulog nantinya akan menyerap langsung dari petani, sebagian juga dari pemasok. “Nanti kita akan lakukan ekspor (jagung) dalam waktu dekat,” kata Budi.

Namun diakui Budi, komoditas jagung saat ini masih menghadapi tantangan karena tengah kekurangan mesin pengering atau dryer. Bulog juga terus berupaya untuk mengatasi hal tersebut.

"Jadi ketika panen secara bersama-sama, jagung biasanya mengalami proses suplai yang terlalu tinggi. Sementara ini kan jenis pangan yang harus kita keringkan, sementara pada periode berikutnya setelah panen itu biasanya mengalami proses potensi adanya terkena jamur dan lain-lain," kata Budi.

Budi melanjutkan, sehingga pada saat yang sama Bulog mesti bergerak menyerap jagung sebanyak-banyaknya. Kemudian melakukan proses pengeringan.

"Ketika pada saat bulan di mana kita kekurangan jagung, kita bisa mendapatkan dari jagung yang sudah di-dryer tadi. Bulog ke depan terus berupaya menyiapkan diri, nanti kita punya beberapa dryer yang sedang dibangun saat ini yang Inshaallah akan selesai di bulan Desember,” kata Budi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI