Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Badai Kripto Belum Berlalu, Bitcoin dan Ether Anjlok Lagi

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 08:26 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB
Ilustrasi mata uang kripto Ethereum dan Bitcoin

Jakarta, Beritasatu.com - Bitcoin pada hari Sabtu pagi ini (20/8/2022) jatuh ke bawah $22.000, level terendah dalam lebih dari tiga minggu, di tengah aksi jual crypto yang tiba-tiba.

Bitcoin jatuh 8% menjadi US$ 21.071,56 pada pukul 08.00 pagi, menurut data coinmarketcap.com. Sebelumnya bitcoin berfluktuasi antara US$ 21.500 dan US$ 22.000. Ethereum turun 10% menjadi $1.630,8 pada saat yang sama.

Koreksi terjadi tak lama setelah koin digital terbesar di dunia itu melampaui level US$ 25.000 untuk pertama kalinya sejak Juni menyusul kenaikan saham AS.

Penurunan juga terjadi pada Binance Coin, Cardano dan Solana jatuh, tetapi penyebab koreksi ini tidak jelas.

"Koreksi tidak menunjukkan pola flash crash, karena aset tidak segera rebound tajam tetapi tenggelam lebih rendah pada jam-jam berikutnya," kata Susannah Streeter, analis investasi dan pasar senior di Hargreaves Lansdown. “Sepertinya hal itu terjadi sebagai akibat dari transaksi penjualan yang besar, tanpa adanya faktor eksternal lainnya.”

Streeter mengatakan tampaknya Cardano memulai koreksi, diikuti oleh bitcoin dan ethereum dan kemudian koin yang lebih kecil seperti dogecoin.

“Meskipun pada US$ 21.800 bitcoin masih jauh dari posisi terendah Juni di bawah $ 19.000, volatilitas sekali lagi menghancurkan pasar,” kata dia.

Koin digital mungkin juga mengikuti ekuitas yang lebih rendah.

“Pasar ekuitas AS telah terkoreksi sejak rilis risalah rapat Fed Juli. kesimpulan utamanya adalah bahwa Fed kemungkinan masih akan menaikkan suku bunga sampai inflasi dijinakkan secara keseluruhan, tanpa memberikan panduan tentang kenaikan suku bunga di masa depan,” kata Simon Peters, analis pasar crypto di eToro, kepada CNBC.

“Dengan korelasi yang erat antara ekuitas AS dan crypto dalam beberapa bulan terakhir, saya menduga sentimen ini telah masuk ke pasar crypto dan itulah sebabnya kami melihat aksi jual," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI