Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Film “Kartu Pos Wini”, Sinemata Gandeng YKI

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:03 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT
Denira Wiraguna yang berperan sebagai Ruth dan Keiko Ananta sebagai Wini dalam film "Kartu Pos Wini"

Jakarta, Beritasatu.com - Sinemata Productions dalam beberapa kali kegiatan promosi film “Kartu Pos Wini” menggandeng Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Sinemata bahkan mengajak pembicara-pembicara YKI terlibat dalam kegiatan seminar dan diskusi bertema “Kanker dan Film”.

“Kami butuh insight atau wawasan tentang bagaimana membuat film tentang isu kanker tanpa salah arah,” ungkap Tarmizi Abka, sutradara film Kartu Pos Wini (KPW) dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Rabu (1/12/2021).

Sutradara yang biasa dipanggil Om Jim, tidak ingin misleading dalam mengerjakan produksi filmnya.

Film "Kartu Pos Wini" butuh masukan dari perspektif organisasi yang sangat dekat dengan organisasi nirlaba yang dekat dengan isu-isu kanker. Ada kebutuhan cerita dalam mengemas film ini yang membutuhkan dukungan Yayasan Kanker Indonesia.

Dalam film "Kartu Pos Wini" mengisahkan tentang Wini, seorang gadis kecil berusia enam tahun yang menderita sakit kanker darah. Di novel yang ditulis Ruwi Meyta disebutkan bahwa Wini menderita kanker sejak kecil. Namun atas saran pihak YKI sebaiknya vonis atau leukemia diderita Wini sejak usia lima tahun. Kalau digambarkan dalam cerita Wini menderita kanker darah sejak bayi, kemungkinan harapan hidupnya jauh lebih kecil.

“Masukan seperti ini memberi perpektif lebih komprehensif dari produksi film 'Kartu Pos Wini',” tambah Aris Muda, produser film KPW.

Bahkan menurut Aris Muda, dengan menggandeng Yayasan Kanker Indonesia menjadikan film produksi Sinemata Productions ini lebih kaya dalam menyusun cerita film yang skenarionya dikerjakan Endik Kuswoyo ini.

Sempat muncul pertanyaan dari rumah produksi saat mengadaptasi novel karya Ruwi Meyta, adakah penyintas yang bertahan dari serangan kanker hingga 44 tahun. Ternyata menurut YKI banyak survivor yang telah mereka dampingi. Itu sebabnya, di acara diskusi "Kanker dan Film" yang digelar di enam kota juga menghadirkan para penyintas.

"Melalui kehadiran dan testimoni para penyintas menjadikan produksi film "Kartu Pos Wini" lebih kaya akan informasi," papar Aris Muda.

Testimoni dan pengakuan para penyintas semakin meneguhkan cerita bahwa menyuntikkan semangat hidup jauh lebih memberi harapan para penderita kanker. Kehadiran tokoh Ruth Dewayani yang diperankan Denira Niyar Wiraguna bisa menjadi tokoh atau sosok pendamping penderita kanker yang sangat berarti di film "Kartu Pos Wini" ini.

Di acara seminar dan diskusi "Film dan Kanker" yang berlangsung di Jakarta, Tangerang, Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Solo, juga sekaligus menandai rilis trailer resmi dan poster film "Kartu Pos Wini".

“Mudah-mudahan melihat antusiasme peserta diskusi juga identik dengan antusiasme penonton saat film "Kartu Pos Wini" dirilis di Februari 2022 nanti,” pungkas Aris Muda.

Pemain:
Denira Wiraguna sebagai Ruth
Ferly putra (Reza)
El Ryan sebagai (Krisna)
Keiko Ananta (Wini)
Soraya Rasyid (Naila)
Fiedra Azalia (Dewi)
Produser: Aris Muda, Avesina Sobli
Eksekutif Produser: Gani Subrata
Sutradara: Tarmizi Abka
Skenario: Endik Koeswoyo, Aris Muda, Saskia Desti
Produksi: Sinemata Productions/ Radepa Studio 2021



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI