Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Konsumsi Herbal Tingkatkan Imunitas Tubuh, Cek Penjelasannya

Sabtu, 27 November 2021 | 17:45 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP
Daun kelor

Jakarta, Beritasatu.com - Mengonsumsi herbal yang mengandung imunomodulator dapat dijadikan pilihan praktis menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19.

"Imunomodulator adalah zat yang dapat memodifikasi respons imun dan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif sehingga dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal), dalam keterangan tertulisnya Sabtu (27/11/2021).

Dia menjelaskan, imunomodulator terbagi menjadi dua, yaitu imunostimulan yakni senyawa yang berfungsi meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi. Sedangkan imunosupresif adalah senyawa yang digunakan untuk menekan respon imun.

dr. Inggrid Tania, menambahkan Indonesia kaya akan herbal alami yang mengandung imunomodulator seperti meniran, kunyit, dan daun kelor. Komponen catechin, quercetin dan phyllantin dalam meniran dapat menghambat proses peradangan yang berlebihan dan berfungsi sebagai imunomodulator pada Covid-19.

"Selain untuk memproteksi diri dari Covid-19, herbal bisa juga dikonsumsi dalam masa penyembuhan. Contohnya kunyit yang memiliki senyawa curcumin dapat menghambat badai sitokin yang merupakan komplikasi serius yang biasa diidap pasien Covid-19,” kata dia.

Brand Manager Imugard, Agie Avionico Gaudart menjelaskan kombinasi tiga herbal meniran, daun kelor, dan kunyit bisa didapatkan di produk Deltomed yaitu Imugard. Adapun Imugard yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengandung 650 bahan herbal membantu memelihara daya tahan tubuh, memberi asupan nutrisi, dan memperbaiki sistem pencernaan. "Meniran, daun kelor dan kunyit sudah terbukti memiliki khasiat dan aman digunakan dalam jangka panjang," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI