Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Dalam 3 Minggu, Kasus Covid-19 Indonesia Meningkat 5 Kali Lipat

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:51 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM
Ilustrasi Covid-19.

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 secara nasional mengalami peningkatan dalam 3 minggu terakhir, yakni meningkat 5 kali lipat dari 1.123 kasus menjadi 5.454 kasus.

Wiku menuturkan, peningkatan kasus positif Covid-19 ini tidak diikuti dengan peningkatan kematian. Namun, secara bersamaan pola kasus positif yang meningkat setiap harinya menjadikan angka kasus aktif ikut meningkat.

“Pada minggu ini, kasus aktif berjumlah 8.605 kasus, di mana naik lebih dari 3.000 dibandingkan dengan minggu lalu yang hanya 5.494 kasus,” ujarnya pada konferensi pers tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia”, Kamis (20/1/2022) malam.

Peningkatan kasus positif Covid-19 saat ini, lanjut Wiku, disebabkan oleh dua sumber penularan yaitu dari transmisi lokal dan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Dikatakan Wiku, saat ini kasus positif nasional lebih banyak didapati dari transmisi lokal dibanding pelaku perjalanan luar negeri. Bahkan, per tanggal 15 Januari 2022, tercatat ada 63% kasus positif merupakan transmisi lokal.

Sementara itu, untuk data PPLN, kata Wiku, menunjukkan peningkatan namun tidak lagi mendominasi sebagai sumber penularan Covid-19.

“Jika dilihat dari asal pintu masuk, kasus positif dari PPLN di pintu masuk di DKI Jakarta saat ini trennya mengalami kenaikan. Selain itu kasus positif dari pintu masuk di PLBN Aruk dan Entikong di Kalimantan Barat dan pintu masuk di Kepulauan Riau menunjukkan fluktuasi. Namun, jumlahnya masih lebih rendah dibandingkan dengan transmisi lokalnya,” terang Wiku.

Ia menambahkan, data lain menunjukkan dari kepulangan jemaah umrah perdana pada 17 Januari 2022 lalu, sebanyak 20% kasus positif berhasil terdeteksi dari total jemaah.

Dikatakan Wiku, terlepas dari apapun varian yang pada saat ini masuk ke Indonesia, pada prinsipnya penularan Covid-19 sekecil apapun harus dikendalikan agar tidak semakin meluas dan menimbulkan lonjakan kasus.

“Sudah menjadi tugas kita bersama untuk mencegah meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia terlebih kita akan menyambut beberapa periode hari raya seperti Imlek dan Bulan Ramadan dalam 2 atau 3 bulan ke depan,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI