Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Cek Varian Omicron, Satgas: Pemeriksaan WGS Dilakukan Acak

Jumat, 28 Januari 2022 | 21:10 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Ilustrasi varian Covid-19 Omicron.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19, Alexander Kaliaga Ginting mengatakan guna mendeteksi varian baru termasuk Omicron pada kasus Covid-19 dilakukan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) secara random atau acak.

Dalam hal ini, tidak semua hasil swab test Polymerase Chain Reaction (PCR) positif sampelnya diperiksa menggunakan WGS, tetapi dilakukan secara random.

“Tidak semua daerah di Indonesia ada pemeriksaan whole genome sequencing. Jadi kita harus memeriksa varian secara random (acak) dan menghitung secara statistik,” ujar Alexander saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (28/1/2021).

Alexander menyebutkan, berdasarkan hasil laporan dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hasil pemeriksaan sampel dilakukan random test ini menunjukkan 90% kasus konfirmasi Covid-19 adalah Omicron. Hal ini menjadi acuan pemerintah bahwa saat ini varian Omicron telah mendominasi kasus Covid-19 secara nasional.

Dikatakan Alexander, kasus Omicron memang tidak memberikan dampak yang signifikan jika membandingkan kasus Omicron Indonesia pada periode sama dengan jumlah kasus Covid-19 secara nasional secara langsung tanpa melihat statistik. Pasalnya, berdasarkan data dari 16 Desember 2021, kasus Omicron Indonesia hingga hari ini, Jumat (28/1/2022), baru mencapai 1.988 kasus.

Sementara jumlah kasus positif Covid-19 dalam periode yang sama jauh melebihi jumlah kasus Omicron tersebut yakni lebih dari 30.000 kasus konfirmasi positif.

Untuk itu, Alexander mengajak semua pihak melihat perkembangan kasus Omicron di Indonesia secara statistik karena dilakukan pemeriksaan WGS berupa sampel secara acak. Hal ini dikarenakan ketersediaan laboratorium WGS jumlahnya masih terbatas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI