Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kasus Covid-19 Naik, Satgas: PPKM Skala Mikro Kembali Diperkuat

Jumat, 28 Januari 2022 | 23:59 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / FFS
Ilustrasi PPKM mikro.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19, Alexander Kaliaga Ginting mendorong pemerintah daerah (pemda) memperkuat penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro pada tingkat kelurahan dan desa. Hal ini untuk mengantisipasi terus naiknya kasus Covid-19.

Menurut Alexander, PPKM skala mikro dapat kembali diterapkan di tingkat terbawah. Dengan demikian dapat memperkuat penerapan protokol kesehatan (prokes) 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) dan 3T (testing, tracing dan treatment).

“Ada yang tertular, kontak tracing ditingkatkan dengan mengaktifkan perangkat RT dan RW. Kepala desa atau lurah mengaktifkan RT dan RW mengawasi warganya. Siapa yang sakit bergejala dan kontak erat, maka RT dan RW harus mencari dengan intervensi kontak tracing termasuk memberi akses untuk telemedicine,” kata Alexander saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (28/1/2021).

Alexander menyebutkan bagi warga yang tidak memiliki tempat untuk melakukan karantina di rumah, sebaiknya melaporkan diri untuk diarahkan melakukan karantina di isolasi terpusat (isoter).

Dikatakannya, dengan situasi peningkatan kasus ini, tentu tidak semua masyarakat terinfeksi Covid-19 harus mendapat perawatan di rumah sakit ataupun ke RSDC Wisma Atlet. Untuk itu, bagi masyarakat yang mengalami gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) dapat melakukan karantina di isoter jika tidak memiliki tempat isolasi di rumah.

Menurut Alexander, micro lockdown yang dilakukan oleh Kelurahan Krukut, Jakarta Barat dapat menjadi contoh kerja sama yang dilakukan perangkat desa/kelurahan. Dikatakan, kerja sama ini penting untuk menghadirkan zona hijau dengan mencegah penularan Covid-19 di masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI