Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

9 Tempat Wisata Sawah di Bali, Cocok untuk Melepas Penat

Jumat, 27 Mei 2022 | 12:08 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER
Ingin berlibur ke Bali dan ingin punya foto keluarga yang tidak mainstream, sempatkan mampir ke terasering Tegalalang di Ubud.

Denpasar, Beritasatu.com - Mungkin selama ini sebagian besar wisatawan masih mengira kalau Bali hanya berkutat soal pantai dan klub malam semata. Padahal, Bali juga memiliki keindahan tempat wisata yang lainnya seperti sawah terasering.

Selain itu, vila murah di Bali pun sudah lumayan banyak, dan bisa membantu wisatawan yang ingin menginap dengan harga murah.

Persawahan di pulau dewata memang sangat menarik dan sudah biasa menjadi objek wisata untuk turis lokal maupun wisatawan mancanegara (wisman). Jadi, kalau bosan mengunjungi pantai, bisa coba datangi beberapa tempat wisata sawah di Bali berikut ini.

Tegalalang, Ubud, Gianyar

1. Tegalalang
Sawah Tegalalang adalah terasering sawah yang tersembunyi di daerah Ubud. Bentuknya yang berundak-undak dengan padi yang menghijau membuat mata sedap memandang. Di sekitar sawah juga terdapat pohon kelapa yang lumayan tinggi.
Kalau berencana pergi ke sini, sebaiknya bawa atau pesan drone untuk merekam pemandangan dari atas. Pemandangan undakan dari atas sangat sayang untuk tidak diabadikan.

2. Busungbiu
Sawah terasering Busungbiu terletak di Buleleng atau Bali Utara. Lokasinya berada tidak jauh dari Patung Budha Tidur dan Pura Luhur Mekori.

Enaknya, di sekitar area sawang Busungbiu terdapat sejumlah gazebo bagi pengunjung yang ingin beristirahat. Ada juga panggung kecil, yang terkadang dipakai untuk menampilkan tarian tradisional.

3. Jatiluwih
Banyak turis asing dan lokal yang menyempatkan diri berfoto di area persawahan terasering Jatiluwih. Udara yang sangat sejuk dan berada 700 meter dari permukaan air laut membuat sawah ini sering dijadikan lokasi healing atau meditasi.

Jalan di area persawahan Jatiluwih lumayan menanjak. Wisatawan disarankan menggunakan sepeda road bike supaya bisa naik ke atas.

4. Antosari
Persawahan Antosari adalah kebanggaan warga Bali. Lokasinya berada di Tabanan, yang merupakan lumbung padi bagi masyarakat pulau Dewata.

Persawahan ini sangat luas dan berlokasi di kaki bukit, membuat tatanannya lumayan berundak. Anda bisa mengunjungi sawah ini di pagi hari sebelum fajar datang ketika udara masih segar-segarnya.

5. Pupuan
Tidak hanya bisa melihat sawah Pupuan, wisatawan juga bisa memandang indahnya Gunung Batukaru dari kejauhan. Sawah ini dinamakan pupuan karena berasal dari kata pupu.

Ilustrasi sawah.

Lokasinya yang berada di lembah dataran rendah yang dikelilingi dataran tinggi membuatnya terlihat menarik.

6. Nyambu
Kabupaten Tabanan, Bali lagi-lagi memiliki hidden gems berupa area persawahan yang sangat menarik bernama Nyambu Tabanan.

Uniknya, wisata sawah di desa ini dikelola dengan sangat baik. Bagi turis yang ingin mengikuti paket wisata susur sawah, budaya dan sepeda bisa membayar Rp 400.000 per paketnya.

Wisata sawah Nyambu juga menyediakan teknologi virtual tour untuk wisatawan yang ingin rekreasi online. Harga tiketnya mulai dari US$ 75 atau sekitar Rp 1 juta.

7. Gunung Salak
Anda ingin berburu foto di pemandangan yang asri dengan sawah beserta gunung? Datangi desa Gunung Salak saja. Bila nama Gunung Salak dipakai untuk gunung yang ada di Bogor, di Bali nama ini adalah penyebutan untuk suatu desa.

Desa gunung salak memiliki area persawahan khas pedesaan, dengan air terjun indah yang masih sangat asri. Air terjun tersebut adalah Tibu Megan, Tibu Sampi dan Batu Sangihan.

8. Soka
Terasering Soka adalah wisata alam murah meriah di Bali yang tidak kalah menarik dengan sawah lainnya. Area persawahan Soka lumayan luas, dengan ratusan hektar lahan padi yang membentang bak permadani.

Ilustrasi sawah terasering.

Banyak pengunjung yang datang ke terasering Soka untuk menikmati hamparan hijau padi dan matahari yang akan terbenam. Biasanya, pengunjung datang dari mereka yang ingin melanjutkan perjalanan, tetapi berhenti sebentar di persawahan Soka.

Di persawahan Soka Anda juga bisa mendapatkan warung dan pom bensin. Bisa menikmati pemandangan indah, sambil isi bensin atau makan-makan.

9. Canggu
Canggu memiliki area sawah yang cocok sebagai tempat wisata. Namanya adalah Subak Uma Desa. Di sini sudah tersedia jalan usaha tani yang bisa memudahkan wisatawan maupun petani untuk memudahkan akses jual beli padi.

Meskipun tidak berbentuk terasering atau undak-undakan seperti area persawahan bali yang lainnya, Canggu punya sawah dengan bentuk melingkar semacam karpet.

Ada juga beberapa trek jogging bagi turis yang ingin berolahraga pagi di area persawahan Canggu. Di sore hari, wisatawan bisa menyaksikan matahari tenggelam, membuat pemandangan semakin eksotis.

Tertarik pergi ke salah satu tempat wisata sawah yang ada di Bali? Coba datangi beberapa dari sembilan rekomendasi di atas Wisatawan tak perlu khawatir dengan pilihan penginapan, buka aplikasi Traveloka dan ikuti promo EPIC Sale. Tersedia berbagai pilihan hotel dan holiday stays untuk rencana liburan atau staycation.

Traveloka EPIC Sale hadir untuk wisatawan yang kangen melihat dunia lagi Wujudkan dengan diskon hingga 80% untuk berbagai produk Traveloka mulai 31 Mei - 6 Juni 2022, setiap hari mulai jam 08.00 WIB . Segera dapatkan hotel, vila, resor, glamping dan apartemen dengan harga diskon EPIC, semakin terjangkau dan bantu wisatawan menghemat budget liburan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI