Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Keren, G-Land Banyuwangi Jadi Lokasi World Surf League 2022

Jumat, 27 Mei 2022 | 13:07 WIB
Oleh : Rindi Alvero Suwito / FER
Seorang Peselancar tengah beraksi di Pantai Plengkung, Banyuwangi.

Banyuwangi, Beritasatu.com - Pantai Plengkung (G-Land) yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) menjadi lokasi atau venue kompetisi liga surfing dunia atau World Surf League (WSL) Championship Tour 2022. Pelaksanaan kompetisi ini, akan resmi dimulai pada 28 Mei - 6 Juni 2022 mendatang.

Kawasan G-Land Banyuwangi dipilih karena menjadi salah satu tempat yang memiliki ombak terbaik di dunia. Ketinggian ombak 6-8 meter dan panjang 2 kilometer, pantai ini menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia.

"Gelombang di G-Land seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna. Kondisi itu yang menjadikan tempat ini viral di berbagai belahan dunia," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Jumat (27/5/2022).

Ipuk mengatakan, kompetisi World Surf League 2022 menjadi bagian penting dalam pengembangan sport tourism. Sebelumnya, Banyuwangi sendiri telah menggelar kejuaraan balap sepeda internasional, International Tour de Banyuwangi Ijen selama delapan tahun berturut-turut yang telah menjadi kalender resmi Persatuan Sepeda Dunia (UCI).

"Semua ajang internasional yang digelar di Banyuwangi selalu mendapat nilai ekselen dari otoritas terkait di dunia. Dengan pengalaman Banyuwangi menjadi tuan rumah ajang sport tourism kelas dunia seperti Tour de Ijen, kita akan menyukseskan ajang selancar WSL ini untuk menjadi milestone baru bagi Banyuwangi, khususnya untuk mendorong pemulihan pariwisata,” tandas Ipuk.

Seperti diketahui, World Surf League memiliki social media engagament terbesar ketiga di kategori ajang olahraga dunia melampaui MotoGP. Hal ini sekaligus menunjukkan kepada mata dunia, Banyuwangi dan Indonesia bisa menggelar event berkelas dunia.

"Kita kontrol lapangan agar semua kesiapan bisa tepat waktu. Semua kesiapan perlu kita cek, karena ini event internasional yang tentunya membawa nama baik Indonesia juga," kata Ipuk.

Pantai Plengkung (G-Land) yang berada di area TN Alas Purwo memang dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. Kawasan itu telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO-PBB dan geopark nasional, dan kini dalam pengajuan sebagai bagian dari jaringan geopark dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG) bersama Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah.

WSL Championship Tour 2022 sendiri digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI